Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis evaluasi hasil belajar pendidikan agama islam siswa di SMP Negeri 1 Sayurmatinggi.

Batubara, Samruddin (2016) Analisis evaluasi hasil belajar pendidikan agama islam siswa di SMP Negeri 1 Sayurmatinggi. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 310 0167.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Evaluasi pembelajaran merupakan bahagian terpenting dari proses pembelajaran, meskipun dalam tatanan kurikulum evaluasi diurutan terakhir, akan tetapi evaluasilah yang menentukan sukses atau tidaknya proses pembelajaran yang dilakukan selama ini, sekaligus mempengaruhi proses belajar selanjutnya. Pendidikan agama Islam merupakan mata pelajaran yang dapat dianalisis melalui hasil belajar. Hasil belajar pendidikan agama Islam merupakan langkah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan sebelumnya. Adapun rumasan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah proses evaluasi hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas II di SMP Negeri 1 Sayurmatinggi ditinjau dari aspek kognitif, bagaimanakah proses evaluasi hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas II di SMP Negeri 1 Sayurmatinggi ditinjau dari aspek afektif,dan bagaimanakah proses evaluasi hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas II di SMP Negeri 1 Sayurmatinggi ditinjau dari aspek psikomotorik. Berdasarkan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses evaluasi hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas II di SMP Negeri 1 Sayurmatinggi ditinjau dari aspek kognitif, untuk mengetahui proses evaluasi hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas II di SMP Negeri 1 Sayurmatinggi ditinjau dari aspek afektif, dan untuk mengetahui proses evaluasi hasil belajar pendidikan agama Islam siswa kelas II di SMP Negeri 1 Sayurmatinggi ditinjau dari aspek psikomotorik. Metode penulisan skripsi ini menggunakan pendekatan kualitatif. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tentang analisis evaluasi hasil belajar pendidikan agama Islam siswa di SMP Negeri 1 Sayurmatinggi serta wawancara diajukan kepada dua tenaga pendidik PAI, siswa kelas II, kepala sekolah, ,dan orangtua siswa. Penelitian yang telah dilakukan dapat ditemukan proses evaluasi hasil belajar siswa kelas II kurang maksimal, dikarenakan semua komponen-komponen evaluasi pendidikan belum sepenuhnya dilaksanakan guru PAI di SMP Negeri 1 Sayurmatinggi, disamping itu terbatasnya pengetahuan guru tentang evaluasi pendidikan, dan didukung masalah interal siswa sehingga evaluasi hasil belajar PAI siswa kelas II dari aspek kognitif kurang maksimal, ditandai dengan pengetahuan siswa terhadap pelajaran agama Islam di bawah nilai standar KKM. Begitu juga dengan aspek afektif, dilihat dari siswa kurang menginternalisasikan materi pelajaran agama dikarenakan siswa lebih sibuk dengan mata pelajaran umum dibandingkan pelajaran agama Islam, dan evaluasi hasil belajar PAI yang diperoleh siswa dri aspek psikomotorik sudah maksimal. Ditandai dengan kebiasaan guru lebih sering menggunakan praktek.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Asfiati, M. Pd dan Zulhammi, M. Ag., M. Pd
Keywords: Evaluasi Pembelajaran; Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 22 May 2020 02:58
Last Modified: 23 Aug 2021 02:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1595

Actions (login required)

View Item View Item