Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah Panyabungan

Hasibuan, Muhammad Yamin (2016) Pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 230 0241.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Pelayanan terhadap Kepuasan Pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah Panyabingan” Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah sehubung dengan perkembangan kebutuhan akan Rumah Sakit, rumah sakit berupaya meningkatkan pelayanan agar kepuasan pasien meningkat, sehingga meningkatnya pasien suatu rumah sakit. Lain halnya dengan Rumah Sakit Umum Daerah Panyabungan, dimana rumah sakit ini mengalami penigkatan pasien, namun pelayanan yang diberikan seperti biasanya. Rumusan masalah penelitian adalah apakah Pelayanan Berpengaruh Terhadap kepuasan pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah Panyabungan? Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap kepuasan pasien pada Rumah Sakit Umum Daerah Panyabungan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pelayanan dan kepuasan. Dimana pelayanan memiliki pengaruh terhadap kepuasan, yang artinya dengan meningkatkan pelayanan maka kepuasan juga akan meningkat. Sama halnya di Rumah Sakit Umum Daerah Panyabungan, jika pelayanan Rumah Sakit Umum Daerah Panyabungan Meningkat diharapkan kepuasan pasien akan meningkat, sehingga pasien Rumah Sakit Umum Daerah Panyabungan meningkat. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi dan dokumentasi. Alat analisis yang digunakan adalah, uji vailditas dan realibilitas, Statistik deskriptif, uji normalitas, uji linieritas analisis regresi linier sederhana, uji hipotesis (uji t), uji koefisien determinasi (R2). Dengan menggunakan program SPSS Versi 22.0. diperoleh hasil pengukuran regresi dengan persamaan Y =5,235+0,289X dan data R square adalah 0.101 hal ini berarti variabel pelayanan mampu menerangkan variabel kepuasan pasien Rumah Sakit Umum Daerah Panyanbungan sebesar 10,1%, sedangkan sisanya sebesar 89.9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam model ini (tidak diteliti). Uji hipotesis menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan variabel pelayanan terhadap kepuasan pasien, dimana t tabel (1,66980)≤ t hitung(2,641)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Mudzakkir Khotib Siregar, MA dan Hamni Fadillah Nasution, MPd
Keywords: Pelayanan; Kepuasan
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 20 May 2020 01:23
Last Modified: 23 Aug 2021 09:02
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1574

Actions (login required)

View Item View Item