Piliang, Nuraini (2016) Pengaruh segmentasi, targeting dan positioning terhadap volume penjualan pada CV. Putra Lubuk Raya Mandiri Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 230 0072.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Volume Penjualan CV. Putra Lubuk Raya Mandiri Padangsidimpuan tiap tahun mengalami fluktuatif. Pada tahun 2010 volume penjualan sebesar Rp. 50.759.021.000, di tahun 2011 volume penjualan sebesar Rp. 54.251.989.000, di tahun 2012 volume penjualan sebesar Rp. 57.039.287.157, di tahun 2013 volume penjualan mengalami penurunan sebesar Rp. 55.121.875.300 dan di tahun 2014 volume penjualan mengalami kenaikan sebesar Rp. 59.000.999.753 dan pada tahun 2015 volume penjualan naik sebesar Rp. 60.959.875.321. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah segmentasi, targeting dan positioning berpengaruh terhadap volume penjualan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh terhadap STP terhadap volume penjualan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori segmentasi, targeting, positioning dan volume penjualan. Teori tersebut menjelaskan jika perusahaan meningkatkan atau memperbaiki STP maka volume penjualan akan meningkat, tetapi jika perusahaan tidak meningkatkan atau memperbaiki STP maka volume penjualan akan menurun. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode analisis regresi berganda, dengan istrumen pengumpulan data menggunakan angket. Dengan sampel 30 karyawan. Pengolahan data dilakukan pada SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh segmentasi terhadap volume penjualan dengan nilai thitung sebesar 2,396 > ttabel 2,056. Variabel targeting tidak terdapat pengaruh terhadap volume penjualan dengan nilai thitung sebesar -1,564 < ttabel 2,056. Dan variabel positioning terdapat pengaruh terhadap volume penjualan dengan nilai thitung sebesar 2,679 > ttabel 2,056. Secara simultan segmentasi, targeting dan positioning berpengaruh secara bersama-sama terhadap volume penjualan dengan nilai sebesar fhitung 3,566 > ftabel 2,975. Berdasarkan uji koefisien determinasi dengan nilai Adjusted R2 dengan nilai 21% variasi volume penjualan dijelaskan oleh ketiga variabel independen (segmentasi, targeting dan positioning) dan sisanya 79% dijelaskan variabel lain yang tidak dimasukkan dalam model penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Segmentasi; Targeting; Positioning; Volume Penjualan |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 19 May 2020 04:07 |
Last Modified: | 19 May 2020 04:07 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1565 |
Actions (login required)
View Item |