Harahap, Siti Nurdewi (2016) Upaya guru pendidikan agama islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII DI SMP Negeri 7 Batang Baruhar Julu Kec. Padang Bolak Kab. Paluta. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 310 0085.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kesulitan belajar siswa merupakan salah satu problem yang senantiasa dan selalu muncul pada Proses Belajar Mengajar (PBM). Dilihat dari hasil prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Batang Baruhar Julu Kec. Padang Bolak Kab. Paluta masih tergolong nilai rendah, hal ini merupakan suatu masalah yang harus diselesaikan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Apa sajakah kesulitan belajar yang dihadapi siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Batang Baruhar Julu Kec. Padang Bolak Kab. Paluta? 2) Apakah faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Batang Baruhar Julu Kec. Padang Bolak Kab. Paluta? 3) Apa sajakah upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Batang Baruhar Julu Kec. Padang Bolak Kab. Paluta? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis kesulitan belajar siswa kelas VIII, untuk mengetahui faktor-faktor penyebab kesulitan belajar siswa kelas VIII dan untuk mengetahui upaya guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 7 Batang Baruhar Julu Kec. Padang Bolak Kab. Paluta. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan Belajar dan Pembelajaran yakni hakikat kesulitan belajar serta upaya mengatasi kesulitan belajar tersebut. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif deskriptif yang menceritakan suatu keadaan untuk mengambil suatu kesimpulan. Sumber data penelitian ini yaitu data primer dan skunder, dan responden dalam penelitian ini yaitu Siswa yang mengalami kesulitan belajar studi pendidikan agama Islam, Guru Pendidikan Agama Islam, Wali kelas VIII, Kepala Sekolah dan Tata Usaha di SMP Negeri 7 Batang Baruhar Julu Kec. Padang Bolak Kab. Paluta. Instrumen pengumpulan data penelitian ini observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa 1) Kesulitan belajar siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam ialah: tidak konsentrasi mengikuti pelajaran pendidikan agama Islam, membosankan terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam, tidak senang terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam, lambat melakukan tugas pada studi pendidikan agama Islam, menunjukkan sikap yang kurang wajar, dan rendahnya tingkat pemahaman siswa terhadap materi pendidikan agama Islam. 2) Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam ialah: berasal dari diri siswa (faktor intern) yakni rendahnya inteligensi siswa, kurangnya perhatian, minat dan bakat siswa dan faktor yang berasal dari luar siswa (faktor ekstern) antara lain: lingkungan sekolah, keluarga dan masyarakat. 3) Upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam untuk mengatasi kesulitan belajar siswa tersebut, antara lain: melalui bimbingan belajar individual, melalui bimbingan belajar kelompok, memberikan bimbingan pribadi, musyawarah dengan pihak sekolah dan wali/orangtua siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Kesulitan belajar; Siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 19 May 2020 03:19 |
Last Modified: | 19 May 2020 03:19 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1561 |
Actions (login required)
View Item |