Nasution, Muhammad Nasir (2016) Pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Al-Hira di pengajian Darul Muta’allimin Desa Panyabungan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 310 0111.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa seharusnya untuk dapat membaca al-Qur’an harus dimulai dengan mempelajari ataupun mengenal terlebih dahulu huruf-huruf Hijaiyah, karena sesungguhnya al-Qur’an terdiri dari huruf-huruf Hijaiyah. Kenyataannya, dengan tanpa mengenal huruf Hijaiyah pembelajaran membaca al-Qur’an dapat dilakukan bahkan dalam tempo yang singkat. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pembelajaran membaca al-Qur’an dengan metode al-Hira` di pengajian Darul Muta’allimin Desa Panyabungan Jae serta apa saja kendala dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode al-Hira` di pengajian Darul Muta’allimin Desa Panyabungan Jae. Tujuan penulisan skiripsi ini adalah untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an di Pengajian Darul Muta’allimin desa panyabungan jae, untuk mengetahui kendala pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode al-hira’ di pengajian daeul muta’allimin desa panyabungan jae. Tujuan penulisan skripsi ini antara lain adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an di pengajian Darul Muta’allimin Desa Panyabungan Jae, Untuk mengetahui kendala pembelajaran membaca al-Qur’an dengan metode al-Hira` di pengajian Darul Muta’allimin Desa Panyabungan Jae. Dalam menyusun penelitian ini,penulis menggunakan metode deskriptif, yaitu merupakan metode penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya. Penelitian deskriptif pada umumnya dilakukan dengan tujuan utama ,yaitu dengan menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek atau subjek yang diteliti secara tepat. Hasil penelitian pembelajaran membaca Al-Qur’an dengan metode Al-hira’ Pembelajaran membaca Al-Qur`an di pengajian Darul Muta’allimin dilaksanakan dengan menggunakan metode Al-Hira` dan mengacu pada tuntunan, langkahlangkah, dan materi-materi yang terdapat dalam buku paket Al-Hira`. Kegiatan Pembelajaran membaca Al-Qur`an di pengajian Darul Muta’allimin dengan menggunakan metode Al-Hira` tergolong cukup efektif karena guru mampu melaksanakan kegiatan pembelajaran sesuai dengan buku pedoman Al-Hira` secara baik dan benar. Kendala yang ditemukan dalam Pembelajaran membaca Al-Qur`an di pengajian Darul Muta’allimin adalah tidak semua anak dapat menangkap keseluruhan materi yang ditawarkan oleh matode Al-Hira` itu sendiri, disebabkan faktor tingkat kecerdasan masing-masing yang berbeda dan juga umur anak-anak tersebut yang masih terlalu muda. Kendala pembelajaran lainnya adalah ketidak-kondusifan ruangan belajar dengan banyaknya jumlah siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Al-Qur’an; pembelajaran |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 19 May 2020 02:47 |
Last Modified: | 19 May 2020 02:47 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1558 |
Actions (login required)
View Item |