Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen membeli komputer merek acer di lingkungan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam

Siregar, Risnal Zuhdi (2016) Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen membeli komputer merek acer di lingkungan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 230 0200.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya mahasiswa pemakai komputer merek acer di lingkungan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Oleh karena itu pasti ada faktor yang mempengaruhi konsumen memakai komputer merek acer. Maka dari itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian. Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan pengaruh dari variabel harga, citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan konsumen membeli komputer merek acer di lingkungan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Teori penelitian ini berkaitan dengan pembahasan mengenai keputusan konsumen membeli, faktor-faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen serta teori mengenai harga, citra merek, kualitas produk. Penelitian ini bersifat kuantitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket, observasi dan wawancara. Selanjutnya untuk melihat pengaruh sumbangan variabel harga (X1), citra merek (X2) dan kualitas produk (X3) terhadap variabel keputusan konsumen membeli (Y) digunakan rumus persamaan regresi linear berganda dan didukung oleh uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil dari uji t dan uji F diketahui bahwa ketiga variabel X berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Y. Dalam perhitungan uji t hasil yang didapat untuk variabel harga (X1) thitung = -1,308 dimana thitung > ttabel (-1,308 > -1,993). Uji t untuk variabel citra merek (X2) thitung = 2,886 dimana thitung > ttabel (2,886 > -1,993). Uji t untuk variabel kualitas produk (X3) thitung = 4,790 dimana thitung > ttabel (4,790 > -1,993). Dalam perhitungan uji F, hasil yang didapat untuk Fhitung = 13,323 dan Ftabel = 2,732. Dengan demikian Fhitung > Ftabel (13,323 > 2,732). Hasil adjusted R square sebesar 0,301 berarti 30,1%, harga, citra merek dan kualitas produk mempengaruhi keputusan konsumen membeli komputer merek acer di lingkungan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. Maka, berdasarkan hasil perhitungan dari analisis regresi berganda, uji Fdan uji t dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha yang menyatakan ada pengaruh harga, citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan konsumen membeli komputer merek acer di lingkungan mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam IAIN Padangsidimpuan. “diterima‟‟

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Harga; Citra Merek; Kualitas produk; Keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 19 May 2020 02:23
Last Modified: 19 May 2020 02:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1551

Actions (login required)

View Item View Item