Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen produk pasta gigi Pepsodent di Desa Hasang Marsada Kabupaten Tapanuli Selatan

Nasution, Rudi Hartono (2016) Faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen produk pasta gigi Pepsodent di Desa Hasang Marsada Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 230 0159.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Manajemen pemasaran adalah kegiatan manajemen berdasarkan fungsinya yang pada intinya berusaha untuk mengidentifikasikan apa sesungguhnya yang dibutuhkan oleh konsumen dan bagaimana cara memenuhinya dapat diwujudkan. Konsumen di Desa Hasang Marsada sangat loyal terhadap produk pasta gigi pepsodent, dapat dikatakan dari sekian banyak Rumah Tangga hampir semua menggunakan pasta gigi pepsodent. Rumusan penelitian ini apakah ada pengaruh faktor kualitas, harga dan promosi terhadap loyalitas konsumen dan bertujuannya untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas konsumen produk pasta gigi pepsodent di Desa Hasang Marsada Kabupaten Tapanuli Selatan, yang meliputi faktor kualitas, harga dan promosi apakah berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu Manajemen Pemasaran. Adapun teori-teori yang berkaitan dengan manajemen pemasaran dalam skripsi ini meliputi teori tentang kualitas produk, harga, promosi, loyalitas konsumen dan teori manajemen lainnya. Jenis penelitian yang digunakan ini adalah jenis penelitian kuantitatif dengan, instrumen data dengan menggunakan angket yang diberikan kepada 77 responden dan kuesioner ini digunakan untuk tingkat loyalitas konsumen. Adapun uji analisis yang digunakan antara lain analisis deskriptif, uji validitas dan realibilitas, pengujian asumsi klasik dan analisis regresi berganda. Berdasarkan analisis yang dilakukan maka dapat disimpulkan Secara parsial faktor kualitas tidak berpengaruh terhadap variabel loyalitas konsumen (thitung < ttabel atau 1,200 < 1,993), faktor harga ada pengaruhnya terhadap variabel loyalitas (thitung > ttabel 2,807 > 1,993) dan untuk faktor promosi tidak ada pengaruhnya terhadap variabel loyalitas konsumen (thitung < ttabel atau 0,275 < 1,993). Sedangkan secara simultan faktor kualitas, harga dan promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel loyalitas konsumen (Fhitung > Ftabel atau 5,307 > 2,730).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kualitas; Harga; Promosi; Loyalitas Konsumen
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 18 May 2020 08:06
Last Modified: 02 Jun 2020 08:04
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1541

Actions (login required)

View Item View Item