Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi pengembangan usaha menggunakan analisis SWOT (studi kasus pada UD. Rahmat Kotanopan)

Matondang, Siti Khodijah (2016) Strategi pengembangan usaha menggunakan analisis SWOT (studi kasus pada UD. Rahmat Kotanopan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 230 0122.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Dunia usaha yang sangat berkembang saat ini memberikan efek yang baik dan buruk bagi setiap masyarakat, terumata bagi pelaku usaha yang menjadikan usaha seperti penyedia barang dan jasa harus terus berinovasi agar terus bisa bertahan dalam bisnis yang di bangun. Saat ini pesaing dari usaha yang di miliki semakin banyak, pelaku usaha di tuntut untuk terus mampu menganalisis lingkungan internal dan eksternal untuk mengetaui kekuatan dan peluang apa yang bisa di jadikan sebagai pendorong untuk membuat usaha yang baru dan peluang apa yang bisa mengatasi para pesaing daru usaha tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lingkungan internal dan eksternal perusahaan dan posisi perusahaan saat ini, serta alternatif strategi yang dapat di gunakan untuk dapat mengembangkan perusahaan. Lokasi dan waktu penelitian ini adalah pada UD. Rahmat Kotanopan yang terdiri dari dua jenis usaha yaitu penadahan karet dan Colaba Mart. Penelitian ini di laksanakan pada bulan juni s/d November 2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah struktular perusahaan dengan sumber data yang di gunakan adalah data primer. teknik pengumpulan data yaitu dengan wawancara dan kuesioner, dan teknik pengolahan data yaitu menggunakan analisis matriks IFE, matriks EFE, matriks IE dan matriks SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti dapat di ketahui yaitu dengan total skor hasil dari nilai Matriks IFE yaitu 2,93 Sedangakan total nilai skor yang diperoleh dari nilai Matriks EFE yaitu 2,88. Kemudian hasil dari kedua nilai total skor IFE dan EFE di gabungkan dan diperoleh Matriks IE dengan strategi Penetrasi Pasar dan Pengembangan Produk. Maka posisi Matriks IE pada sel V dibagian kedua yaitu Jaga dan Pertahankan. Selanjutnya yaitu setelah IFE, EFE dan IE, Maka di dapatkan Matriks SWOT yaitu dengan Strategi SO Memperbanyak jenis produk untuk colaba Mart untuk bahan pertimbangan konsumen, Membagi tugas kepada sebagian karyawan gudang untuk penjemputan barang langsung ke produsen penyedia barang untuk Colaba Mart. Strategi WO Mengatur ulang jadwal kerja karyawan untuk meningkatkan kualitas disiplin kerja karyawan, Meningkatkan pengawasan pemilik maksimal tiga kali dalam seminggu. Strategi ST Penguatan dan pengembangan kerjasama jangka panjang dengan pengepul karet di kampung untuk menjamin kontinuitas ketersediaan karet. Strategi WT Memperluas daerah pasar pembelian bahan baku karet.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Strategi Pengembangan Usaha; Analisis SWOT
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 18 May 2020 07:41
Last Modified: 02 Jun 2020 08:06
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1538

Actions (login required)

View Item View Item