Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kesulitan siswa dalam pemahaman konsep teorema limit di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan

Siregar, Anisa Sufar (2016) Analisis kesulitan siswa dalam pemahaman konsep teorema limit di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 120 0099.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa dalam memahami konsep pada pelajaran matematika khususnya pada materi limit dilihat dari hasil tes, wawancara, observasi peneliti pada siswa dan berapa presentase kesulitan siswa dalam menjawab soal yang berkaitan dengan materi limit. Berdasarkan latar belakang penelitian diatas maka adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kesulitan-kesulitan yang dialami siswa, untuk mendeskripsikan pada bagian mana siswa paling banyak mengalami kesulitan, untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa, dan untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan guru terhadap siswa dalam mengatasi kesulitan belajar siswa dalam memahami konsep teorema limit. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data yaitu tes, wawancara, dan observasi dengan subjek penelitian sebanyak 32 siswa dengan menggunakan sampel bertujuan (purposive sampling) yaitu didasarkan pada siswa yang mengalami kesulitan dalam memahami konsep limit di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 2 Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kesulitan siswa dalam memahami konsep teorema limit di SMA Negeri 2 Padangsidimpuan, yaitu kesulitan dalam memahami arti dari simbol limit, kesulitan dalam memahami konsep teorema limit dan pengaplikasiannya, kesulitan dalam menentukan nilai limit, dan tidak memahami materi dasar yang berkaitan dengan limit seperti operasional aljabar dan fungsi trigonometri. Bagian siswa paling banyak mengalami kesulitan adalah pada limit fungsi trigonometri dengan presentase terendah sebesar 19,06%. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa dalam memahami konsep teorema limit adalah faktor intern siswa seperti kognitif siswa yang masih rendah, kesiapan dan minat belajar siswa yang masih kurang dan faktor ekstern siswa seperti lingkungan keluarga, lingkungan sekolag dan lingkungan masyarakat siswa. Dan upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan siswa dalam memahami konsep teorema limit adalah menggunakan metode yang bervariasi, menyusun program perbaikan dan melakukan apersepsi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: kesulitan siswa; pemahaman konsep; teorema limit
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 16 May 2020 08:46
Last Modified: 16 May 2020 08:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1519

Actions (login required)

View Item View Item