Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Hubungan gaya belajar siswa dengan hasil belajar matematika dalam pokok bahasan turunan di kelas XI IPA SMA Negeri I Sosa

Siregar, Sri Elmina (2016) Hubungan gaya belajar siswa dengan hasil belajar matematika dalam pokok bahasan turunan di kelas XI IPA SMA Negeri I Sosa. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0084.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini menggambarkan bahwa gaya belajar dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA Negeri 1 Sosa. Dimana gaya belajar tersebut terbagi atas tiga macam yaitu yang pertama gaya belajar visual, gaya belajar visual yaitu cara belajar melalui apa yang mereka lihat, yang kedua gaya belajar auditorial, gaya belajar auditorial yaitu gaya belajar yang mengandalkan pada pendengaran, dan yang ketiga gaya belajar kinestetik, gaya belajar kinestetik yaitu gaya belajar yang mengandalkan pada gerakan-gerakan fisik. Dari ketiga gaya tersebut sangat berhubungan dengan hasil belajar, maka gaya belajar harus ditanamkan pada diri masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar matematika siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Sosa, untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Sosa dan untuk mengetahui adakah hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar matematika dalam pokok bahasan turunan siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1 Sosa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode deskriptif dengan pendekatan ex post facto. Populasi penelitian ini berjumlah 140 siswa. Sampel diambil dari populasi dengan teknik Proporsional Random Sampling. Jadi, sampel yang diambil sebanyak 35 orang (25%) dari populasi.Kemudian instrument yang digunakan sebagai pengumpulan data adalah angket dan tes yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal yang telah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Dari analisis data angket dan tes diperoleh rxy = 0,690 termasuk kategori kuat, dengan thitung = 4,591 dibandingkan dengan ttabel, dk = n-2 = 35-2 = 33 maka ttabel = 1,692. Karena thitung > ttabel, yakni 4,591 > 1,692 sehingga ada hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar matematika dalam pokok bahasan turunan siswa dikelas XI IPA di SMA Negeri1Sosa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: gaya belajar; hasil belajar matematika dalam pokok bahasan turunan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 14 May 2020 21:50
Last Modified: 14 May 2020 21:50
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1479

Actions (login required)

View Item View Item