Hasibuan, Rahayu Sri Rizki (2016) Pengaruh pembelajaran ewareness training model terhadap pemahaman konsep dan peningkatan rasa percaya diri terhadap pembelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 2 Barumun Kab. Padang lawas. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 330 0079.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah masih rendahnya pemahaman konsep dan percaya diri siswa pada mata pelajaran matematika di kelas VIII SMP Negeri 2 Barumun Kab. Padang lawas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran Ewareness Training Model dapat mempengaruhi pemahaman konsep dan meningkatkan percaya diri siswa terhadap pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Barumun Kab. Padang lawas. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan jenis kuantitatif, dengan analisi data deskriftip dan infrensial yakni memberikan gambaran mengenai pengaruh variabel X terhadap kedua variabel Y yang dilihat pada kelas eksperimen lalu membandingkannya dengan kelas kontrolnya. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Barumun Kab. Padang lawas yang berjumlah 100 orang yang dibagi menjadi 4 kelas. Cara pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling yang diasumsikan mempunyai karakteristik yang sama, sampelnya berjumlah 48 orang yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VIII3 dan kelas VIII4. Teknik pengumpulan data mengenai pemahaman konsep siswa menggunakan tes, percaya diri siswa dengan menggunakan angket percaya diri. Analisa data menggunakan rumus uji signifikan antar faktor yang menggunakan rumus uji t untuk melihat sejauh mana pengaruh antara kelas yang diberikan perlakuan dengan yang tidak diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian perhitungan uji perbedaan rata-rata diperoleh thitung = 2,854. maka thitung = 2,854 ttabel = 2,013. Dan untuk perhitungan uji perbedaan rata-rata percaya diperoleh thitung = 3,197. maka thitung = 3,197 ttabel = 2,013 . Dan uji akhir hipotesis yang dilakukan menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara penerapan pembelajaran ewareness training model tehadap pemahaman konsep siswa pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 2 Barumun Kab. Padang lawas, hal ini ditunjukkan dari hasil uji hipotesis yang diperoleh thitung = 2,865 ttabel = 2,013. Dan suntuk percaya diri siswa juga ada pengaruh yang signifikan antara penerapan pembelajaran ewareness training model terhadap percaya diri siswa pada materi SPLDV kelas VIII SMP Negeri 2 Barumun Kab. Padang lawas, hal ini ditunjukkan dengan perolehan thitung = 3,214 ttabel = 2,013
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | ewareness training model; pemahaman konsep; percaya diri |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 14 May 2020 21:41 |
Last Modified: | 14 May 2020 21:41 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1478 |
Actions (login required)
View Item |