Purnama, Bulan (2016) Strategi pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
10 310 0048.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Kemampuan bahasa Arab yang ada pada diri mahasantri sangatlah di pengaruhi oleh strategi dosen dalam pembelajaran bahasa Arab, itu lah sebabnya dosen bahasa Arab harus mempunyai strategi khusus dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab mahasantri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah strategi pembelajaran bahasa Arab di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Padangsidimpuan, apa saja factor pendukung dan penghambat pembelajaran bahasa Arab. Bagaimana solusi kendala-kendala pembelajaran bahasa Arab.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dosen dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab mahasantri. Untuk mengetahui kendala-kendala yang dihadapi dosen dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab mahasantri di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Padangsidimpuan. Untuk mengetahui solusi kendala-kendala pembelajaran bahasa Arab mahasantri di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Padangsidimpuan. Kegunaan penelitian adalah sebagai mendapatkan Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd) dalam bisang ilmu pendidikan Islam. Menambah wawasan dan pengetahuan penulis khususnya. Melatih penulis dalam mempraktekkan ilmu pengetahuan yang pernah didapat saat duduk di bangku perkuliahan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan strategi pembelajaran bahasa Arab. Sehubungan dengan itu, teori-teori yang digunakan adalah Strategi Pembelajaran bahasa Arab. Prinsip-prinsip pembelajaran bahasa Arab. Metode pembelajaran bahasa Arab. Penelitian yang dilaksanakan adalah dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif/field research (riset lapangan),dan instrumen pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara, kepada mudir Ma’had Al-Jami’ah IAIN Padangsidimpuan dan kepada para dosen yang mengajar di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Padangsidimpun, serta ustadzah Pembina asrama Ma’had Al-Jami’ah IAIN Padangsidimpuan, begitu juga dengan ukhti musrifah dan mahasantri, yang tinggal di Ma’had AL-Jami’ah IAIN Padangsidimpuan Berdasarkan hasil penelitian, dapat di ketahui, bahwa stategi dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab supaya mahir dalam berkomunikasi dengan bahasa Arab yang benar ialah dengan menggunakan strategi yang baik, adapun strategi yang di laksanakan dosen dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab mahasantri, bahasa Arab di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Padangsidimpuan ialah dengan menggunakan metode Jigsaw (bervariasi), metode ini sudah menggabungkan kemampuan dalam bahasa Arab yaitu kemampuan membaca menulis, mendengarkan, menghafal, dan bercakap-cakap. Adapun kendala-kendala yang di hadapi dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab ada yang berasal dari factor internal: a) minat dan motivasi santri, b) tingkat IQ, c) sifat lupa, 2. Factor eksternal : a) waktu menghafal mufradat kurang , b) kurangnya metode dosen dalam memberikan setoran hafalan Mufradhat ( kosa kata), c) kurangnya motivasi dari pihak Ma’had, d) banyaknya bidang studi ( mata pelajaran ) yang di pelajari oleh mahasantri, sedangkan usaha-usaha dosen dalam meningkatkan kemampuan bahasa Arab mahasantri yaitu a) meningkatkan minat mahasantri, b) memberikan hukuman, c) memberikan kegiatan tambahan (ekstra kulikuler) usaha ini bisa di kategorikan sudah berhasil dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Arab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran; bahasa Arab; metode |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 14 May 2020 03:01 |
Last Modified: | 14 May 2020 03:01 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1444 |
Actions (login required)
View Item |