Hadiah, Siti (2016) Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan peluang di kelas XI SMAN 1 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 330 0129.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan peluang di Kelas XI SMAN 1 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Tujuan penelitian ini adalah apa-apa saja kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan peluang di Kelas XI SMAN 1 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan subjek penelitian kelas XI SMAN 1 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal sebanyak 98 siswa. Kemudian informan utama dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal dan informan pendukung penelitian ini adalah guru bidang studi matematika SMAN 1 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan dokumentasi. Sebelum tes digunakan dalam penelitian terlebih dahulu tes diuji cobakan untuk melihat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda tes. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian yang ditemukan adalah hasil siswa pada soal cerita pokok bahasan peluang di kelas XI SMAN1 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal masih rendah. Dari tiga puluh enam (36) siswa yang mencapai KKM hanya delapan (8) siswa, sedangkan siswa yang belum mencapai nilai KKM, yaitu dua puluh delapan (28) siswa. Berdasarkan hal tersebut terlihat siswa yang belum memahami soal cerita pada materi peluang. Kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal cerita pada pokok bahasan peluang di kelas XI SMAN 1 Lingga Bayu Kabupaten Mandailing Natal adalah : Kesulitan belajar matematika sehingga tidak konsentrasi dalam memahami soal cerita, kesulitan memahami soal cerita sehingga salah dalam menggunakan rumus, kesulitan dalam mengubah soal cerita ke dalam bentuk matematika dan kesulitan dalam melakukan perhitungan/perkalian (siswa kurang teliti dalam melakukan perhitungan). Dan cara yang dilakukan guru untuk mengatasi kesulian belajar siswa dalam menyelesaikan soal cerita adalah dengan menggerakkan/membangkitkan motivasi siswa, melaksanakan les serta menggunakan metode yang bervariasi dalam setiap pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Soal Cerita; Peluang |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 14 May 2020 07:16 |
Last Modified: | 14 May 2020 07:16 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1437 |
Actions (login required)
View Item |