Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar kelas VII MTs YPKS Padangsidimpuan

Harahap, Sarifah (2016) Pengaruh model pembelajaran examples non examples terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar kelas VII MTs YPKS Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 330 0038.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar siswa kelas VII MTs YPKS Padangsidimpuan pada mata pelajaran Matematika materi Bangun Datar masih rendah. Hal ini disebabkan siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. Penggunaan metode konvensional yang dilakukan guru, belum mampu meningkatkan keaktifan siswa. Dengan Kondisi pembelajaran yang demikian itu, maka memerlukan perubahan dalam pendekatan pembelajaran. Berdasarkan hal tersebut seharusnya guru menerapkan model pembelajaran Examples non Examples untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah “Apakah model pembelajaran Examples Non Examples berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar kelas VII MTs YPKS Padangsidimpuan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian dalam hal ini adalah “Untuk mengetahui model pembelajaran Examples Non Examples berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar kelas VII MTs YPKS Padangsidimpuan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen, dalam penelitian ini juga mengggunakan metode observasi, tes, dan dokumentasi. Metode tes digunakan untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika siswa pada materi bangun datar kelas VII MTs YPKS Padangsidimpuan . Sedangkan metode observasi, dan dokumentasi digunakan untuk menggali data tentang keadaan guru dan siswa di MTs YPKS Padangsidimpuan. Dari analisis data menggunakan uji t diperoleh thitung = 5,940 dibandingkan dengan tabel yaitu dengan peluang (1-α) = 1-5% dan dk = (n1+n2-2) = 44 maka diperoleh ttabel = 1,617. Karena thitung > ttabel, yakni 5,940 > 1,617 sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Examples non Examples berpengaruh terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Examples Non Examples; Hasil Belajar; Bangun Datar
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 13 May 2020 03:10
Last Modified: 13 May 2020 03:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1422

Actions (login required)

View Item View Item