Siswanti, Melda (2016) Pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe question student have (QSH) terhadap pemahaman konsep siswa pokok bahasan bangun ruang di kelas VIII SMP Negeri 5 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 330 0021.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah banyak siswa yang merasa kurang mampu dalam mempelajari matematika, karena siswa menganggap bahwa pembelajaran matematika itu sendiri sangat sulit di pelajari dan banyak juga siswa yang tidak menyukainya. Siswa hanya mendengarkan dan mencatat apa yang disampaikan oleh guru. Siswa masih enggan bertanya, mengemukakan pendapatnya, dan enggan mengerjakan soal di depan kelas kalau tidak ditunjuk oleh gurunya. Selain itu proses pembelajaran yang selama ini dilakukan guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional, sehingga menyebabkan siswa tidak aktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh strategi pembelajaran aktif tipe quetion student have (QSH) terhadap pemahaman konsep siswa pokok bahasan bangun ruang materi kubus dan balok di kelas VIII SMPN 5 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen yang menggunakan desain non randomized control group pretest posttest design. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi penelitian adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 317 siswa. Adapun teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan sampel sebanyak 48 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dan VIII-6 sebagai kelas kontrol. Instrument pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes. Analisis data yang digunakan adalah rumus chi-kuadrat, uji kesamaan varians dan uji-t. Rumus chi-kuadrat digunakan untuk mengetahui kenormalan kelas eksperimen dan kelas kontrol, uji kesamaan varians digunakan untuk mengetahui sama atau tidaknya varians kelas eksperimen dan kelas kontrol, sedangkan uji-t digunakan jika data kedua kelas berdistribusi normal dan kedua variansinya homogen. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan maka H0 ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Dengan kata lain pemahaman konsep siswa yang diajar melalui strategi pembelajaran aktif Question Students Have lebih baik daripada hasil siswa yang diajar melalui pembelajaran biasa (tanpa strategi pembelajaran aktif Question Students Have). Sehingga dapat disimpulkan bahwa “ Ada pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Question Students Have terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan”.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Question Student Have (QSH); Bangun Ruang |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 13 May 2020 02:46 |
Last Modified: | 13 May 2020 02:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1420 |
Actions (login required)
View Item |