Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika di kelas X Pi 1 SMA Boarding School Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan

Minarti, Ari (2016) Implementasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran matematika di kelas X Pi 1 SMA Boarding School Nurul ‘Ilmi Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
11 330 0049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan usaha penanaman nilai-nilai positif dalam diri peserta didik. Pendidikan karakter perlu diberlakukan dengan mengoptimalkan peran sekolah. Pendidikan karakter ini diterapkan pada semua mata pelajaran termasuk Matematika. Matematika sekolah memiliki jumlah jam pelajaran yang relatif banyak dibanding dengan mata pelajaran yang lain sehingga memiliki peluang cukup baik untuk menerapkan nilai-nilai pendidikan karekter. Meskipun SMA Nurul „Ilmi termasuk sekolah yang dari dulu sudah menerapkan akhlakul karimah kepada siswa, namun tidak dipungkiri ada juga sebagian siswa yang tidak mematuhi aturan dan melakukan hal yang melanggar tujuan, visi misi sekolah tersebut. Tujuan pada penelitian ini adalah untuk: 1) mengetahui usaha/ rencana pelaksanaan penerapan pendidikan karakter, 2) mengetahui penerapan pelaksanaan pendidikan karakter pada proses pembelajaran matematika di kelas X Pi1 SMA Boarding School Nurul „Ilmi Padangsidimpuan. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan penentuan subjek penelitian dilakukan dengan Purposive Sampling yaitu guru dan siswa yang melaksanakan pembelajaran pendidikan karakter di kelas. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi empat tahapan yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan uji triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter dilakukan dalam kegiatan sekolah seperti diadakan program sekolah yang membangun karakter dalam diri siswa, memberi keteladanan pada yang lebih muda dalam artian kakak senior maupun guru dan staf pengajar memberikan contoh teladan yang baik kepada siswa junior dengan cara menaati peraturan dan bertutur sopan santun dan tata krama kepada semua orang, menyediakan bimbingan konseling. Pendidikan karakter di dalam proses pembelajaran matematika dilaksanakan pada tahap perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Dari segi perencanaan, guru lebih dahulu menetapkan target pencapaian nilai-nilai karakter dan mencantumkannya dalam perangkat pembelajaran. Sedangkan dari segi pelaksanaan, guru membantu siswa dalam mencapai target pembelajaran yang bersinergi dengan pembentukan karakter siswa. Implementasi nilai-nilai pendidikan di SMA Boarding School Nurul „Ilmi Padangsidimpuan terdiri dari nilai: a) religius, b) disiplin, c) jujur, d) kerja keras, e) kreatif, f) rasa ingin tahu, g) mandiri, h) komunikatif, dan i) tanggung jawab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Implementasi; Pendidikan Karakter; Pembelajaran Matematika
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170109 Personality, Abilities and Assessment
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 12 May 2020 12:30
Last Modified: 14 May 2020 10:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1406

Actions (login required)

View Item View Item