Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Metode pendidikan islam yang tercantum di dalam surat An-Nahl ayat 125

Soleh, Muhammad (2016) Metode pendidikan islam yang tercantum di dalam surat An-Nahl ayat 125. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 310 0025.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penafsiran ahli tafsir terhadap Al-Qur’an surat an-Nahl ayat 125? Apa saja metode pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an surat an-Nahl ayat 125? Berdasarkan rumusan masalah di atas maka tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui penafsiran ahli tafsir terhadap Al-Qur’an surat an-Nahl ayat 125 serta mengetahui macam-macam metode pendidikan Islam yang terkandung dalam Al-Qur’an surat an-Nahl ayat 125. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat library research (penelitian kepustakaan) yaitu bahwa sumber-sumber datanya berasal dari bahan-bahan tertulis, yaitu buku-buku yang berkenaan dengan pembahasan seperti buku-buku tafsir, hadits, pendidikan Islam dan buku-buku pendukung lainnya, dengan demikian metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tafsir Tahlily. Adapun hasil penelitian dalam surah an- Nahl ayat 125 setelah ditelusuri dengan menafsirkan dan memperhatikan pendapat para ulama bahwa di dalamnya terdapat metode dakwah yang relevan dijadikan metode pendidikan Islam, yaitu: (1) Al-hikmah adalah metode yang mencakup seluruh kecerdasan emosional, intelektual dan spiritual. (2) Al- mau’izhah al-hasanah adalah menasihati seseorang dengan perkataan yang lemah lembut, penuh kasih sayang tidak membongkar atau membeberkan kesalahan orang lain, sebab kelemah lembutan dalam menasihati seringkali dapat meluluhkan hati yang keras dan menjinakkan qalbu yang liar, ia lebih mudah melahirkan kebaikan daripada larangan dan ancaman. (3) Jadil billati hia ahsan adalah sebagai proses penyampaian materi melalui diskusi atau perdebatan, bertukar pikiran dengan menggunakan cara yang terbaik, sopan santun, saling menghormati dan menghargai serta tidak arogan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Metode Pendidikan Islam; Surat An-Nahl Ayat 125
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 12 May 2020 13:11
Last Modified: 02 Jun 2020 08:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1382

Actions (login required)

View Item View Item