Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kepuasan konsumen Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan

Lubis, Raudatunnur (2016) Analisis kepuasan konsumen Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 230 0250.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Pada era globalisasi, produk atau jasa yang bersaing dalam satu pasar semakin banyak dan beragam akibat keterbukaan pasar. Sehingga terjadilah persaingan antar produsen untuk dapat memenuhi kebutuhan konsumen serta memberikan kepuasan kepada konsumen secara maksimal, karena pada dasarnya tujuan dari suatu bisnis adalah untuk menciptakan rasa puas pada pelanggan. Kepuasan konsumen adalah tingkat perasaan konsumen setelah membandingkan antara apa yang dia terima dan harapannya. Salah satu tindakan untuk memuaskan konsumen adalah dengan cara memberikan pelayanan kepada konsumen dengan sebaik-baiknya melalui lima dimensi kualitas pelayanan yaitu Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance, dan Empathy. Dengan adanya kualitas pelayanan yang baik di dalam suatu perusahaan, akan menciptakan kepuasan bagi para konsumennya. Setelah konsumen merasa puas dengan produk atau jasa yang diterimanya, konsumen akan membandingkan pelayanan yang diberikan hotel. Natama Syariah merupakan hotel syariah pertama di Kota Padangsidimpuan. Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka dapat dirumuskan permasalahan yang hendak diteliti yaitu: Bagaimana kepuasan konsumen di Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan?. Sedangkan tujuan penelitian yaitu: Untuk mengetahui kepuasan konsumen Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan. Populasi dalam penelitian ini adalah para tamu yang menginap di Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan Accidental Sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari data hasil wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction index (CSI). Hasil penelitian IPA yang menunjukkan bahwa terdapat 11 atribut yang berada pada kuadran kedua (pertahankan perstasi) yang mana atribut-atribut pada kuadran ini memiliki kinerja yang sudah sangat baik dan dianggap penting oleh konsumen. Sedangkan nilai CSI pada Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan adalah sebesar 0,7228 atau 72,28%. Kepuasan pada Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan berada pada range 0,66-0,80, hal ini menunjukkan bahwa secara umum indeks kepuasan pelanggan Hotel Natama Syariah Padangsidimpuan untuk atribut-atribut yang diuji adalah pada kriteria “puas”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kepuasan Konsumen; Hotel Natama Syariah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 12 May 2020 13:01
Last Modified: 02 Jun 2020 08:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1381

Actions (login required)

View Item View Item