Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kelengkapan produk dan pelayanan terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada toko Salim di Kota Padangsidimpuan)

Sari, Yulia Nanda (2016) Pengaruh kelengkapan produk dan pelayanan terhadap keputusan pembelian (studi kasus pada toko Salim di Kota Padangsidimpuan). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
12 230 0210.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Toko Salim merupakan salah satu pusat perbelanjaan di daerah Kota Padangsidimpuan yang menjual beragam produk. Berdasarkan latar belakang masalah, penelitian ini membahas masalah mengenai produk-produk yang ditawarkan toko Salim sudah terbilang lengkap dan pelayanan yang diberikan sudah sebaik mungkin, tetapi masih saja mengalami penurunan penjualan. Pada toko Salim terdapat keterbatasan tempat. Lokasi yang dimiliki kurang memadai sehingga apabila konsumen yang berbelanja banyak, maka akan terjadi kesulitan dalam bergerak untuk memilih produk yang dibutuhkan. Kelengkapan produk adalah menyediakan berbagai jenis produk yang dibutuhkan konsumen serta menyediakannya setiap saat di toko. Pelayanan merupakan suatu kinerja penampilan, tidak berwujud dan cepat hilang, lebih dapat dirasakan dari pada dimiliki serta konsumen lebih dapat berpartisipasi aktif dalam proses mengkonsumsi jasa tersebut. Keputusan pembelian merupakan kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam pengambilan keputusan untuk melakukan pembelian terhadap produk yang ditawarkan oleh penjual. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan model analisis regresi linier berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 53 responden diambil dari konsumen toko Salim dengan jenis metode simple random sample. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kuesioner, kemudian dianalisis dengan menggunakan alat bantu statistik yaitu SPSS versi 22. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelengkapan produk (variabel X1), pelayanan (variabel X2), dan keputusan pembelian (variabel Y). Dari hasil regresi penelitian ini menunjukkan variabel kelengkapan produk memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian sebesar 43,2% dan variabel pelayanan sebesar 46,7%. Hasil penelitian secara parsial (uji t) menyatakan bahwa, kelengkapan produk memiliki thitung > ttabel (5,314 > -1,676) artinya kelengkapan produk memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Pelayanan memiliki thitung > ttabel (7,630 > -1,676) artinya pelayanan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian secara simultan (uji F) menyatakan bahwa kelengkapan produk dan pelayanan memiliki Fhitung > Ftabel (107,255 > 3,183) artinya kelengkapan produk dan pelayanan secara simultan memiliki pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Kelengkapan Produk; Pelayanan; Keputusan Pembelian
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 12 May 2020 12:54
Last Modified: 02 Jun 2020 08:27
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1380

Actions (login required)

View Item View Item