Pohan, Khadijah (2016) Efektivitas kegiatan guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan kepribadian siswa di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
11 310 0201.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Latar belakang dalam penelitian ini adalah berawal dari banyaknya siswa yang memiliki kepribadian yang kurang baik, adapun rumusan masalahnya adalah apa saja bentuk kegiatan pembinaan kepribadian siswa di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan, apakah efektif kegiatan guru PAI dalam pembinaan kepribadian siswa, apakah hambatan yang dihadapi guru PAI dalam membina kepribadian siswa, apa usaha yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi hambatan dalam pembinaan kepribadian siswa. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bentuk kegiatan pembinaan kepribadian siswa, untuk mengetahui apakah efektif kegiatan guru PAI dalam pembinaan kepribadian siswa, untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru PAI dalam pembinaan kepribadian siswa, untuk mengetahui usaha yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi hambatan dalam pembinaan kepribadian siswa. Pembahasan penelitian ini barkaitan dengan efektivitas kegiatan guru Pendidikan Islam dalam pembinaan kepribadian siswa Padangsidimpuan. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan efektivitas kegiatan guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan kepribadian siswa. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena di sekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah, dan menggunakan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini (a) bentuk kegiatan yang dilakukan guru PAI menggunakan pendekatan-pendekatan klasikal pada siswa, memberikan rasa nyaman terhadap siswa, memberikan arahan dan bimbingan terhadap siswa. Dan pendekatan di luar kelas yaitu melakukan pengawasan, menegur siswa ketika ada perbuatan yang tidak sesuai dengan ajaran Islam, memberikan contoh yang baik (b) efektivitas kegiatan guru PAI dalam pembinaan kepribadian siswa yaitu guru PAI kurang efektif dalam membina kepribadian siswa. (c) hambatan yang dihadapi guru PAI ada dua faktor pertama internal meliputi: kurangnya minat dan motivasi belajar siswa, siswa tidak konsentrasi dalam belajar, kedua faktor eksternal meliputi: lingkungan, dan kurangnya kerja sama antar orangtua dan pihak guru. (d) usaha yang dilakukan guru PAI dengan memberikan arahan, nasehat terhadap siswa, memberikan contoh yang baik, dan menjalin hubungan yang harmonis antar siswa dan guru Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Guru; pembinaan; siswa |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 12 May 2020 02:47 |
Last Modified: | 15 May 2020 07:38 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1371 |
Actions (login required)
View Item |