Hasibuan, Mulkan (2016) Perbandingan prestasi belajar mahasisiwa yang berlatar belakang pendidikan madrasah aliyah dengan sekolah menengah umum pada mata kuliah fiqh jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Semester IV IAIN Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
12 310 0067.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Masalah dalam penelitian adalah mencari perbedaan prestasi belajar mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan Madrasah Aliyah dengan Sekolah Menengah Umum pada mata kuliah Fiqh di Jurusan Pendidikan Agama Islam Semester IV Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan. Rumusan Masalah Bagaimana prestasi belajar mahasiswa berlatar pendidikan Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Umum. Bagaimana perbedaan prestasi belajar Mahasiswa berlatar belakang pendidikan Madrasah Aliyah dengan Sekolah Menengah Umum pada mata kuliah Fiqh Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan. Tujuan Penelitian untuk mengetahui tingkat Prestasi Belajar Mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan Madrasah Aliyah dengan Sekolah Menengah Umum. Manfaat Penelitian bahan masukan pada Jurusan Pendidikan Agama Islam pentingnya meningkatkan prestasi belajar yang berbeda latar belakang pendidikan. Pembahasan penelitian berkaitan dengan bidang Prestasi Belajar. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan Prestasi Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar. Pengertian Fiqh, Pembidangan Fiqh. Jenis penelitian adalah Penelitian Kuantitatif yang berbentuk Komparasi yang mencari perbedaan antara lulusan Madrasah Aliyah dengan Sekolah Menengah Umum dalam mata kuliah Fiqh. Populasi penelitian berjumlah 223 orang mahasiswa dan Sampel Penelitian berjumlah 80 orang mahasiswa. Tehnik Pengelolan Data dengan statistik rumus T-tes. Hasil Analisis Data menunjukkan bahwa nilai mean untuk Variabel X1 Prestasi Belajar Fiqh Madrasah Aliyah sebesar 77,67 dan mean Variabel X2 Prestasi Belajar Sekolah Menengah Umum sebesar 76,79, nilai Korelasi sebesar 0, 07. Pengujian Hipotesis bahwa diperoleh thitung ttabel 1, 9946 dari taraf 5% dan taraf 1% diperoleh 2, 64704. Hal ini menyatakan bahwa tidak terdapat perbedaan prestasi belajar mahasiswa yang berlatar belakang pendidikan Madrasah Aliyah dengan Sekolah Menengah Umum pada mata kuliah Fiqh Jurusan Pendidikan Agama Islam Semester IV Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Padangsidimpuan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Prestasi belajar;MAN; SMU |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 13 EDUCATION > 1301 Education Systems 13 EDUCATION > 1399 Other Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 14 May 2020 14:32 |
Last Modified: | 14 May 2020 14:32 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1365 |
Actions (login required)
View Item |