Yunita, Defi (2018) Mutu Manajemen pembelajaran pendidikan agama islam di MIN 2 Pasaman (studi kasus: perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan evaluasi). Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 201 00212.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitan ini dilatarbelakangi oleh mutu pendidikan agama Islam di MIN 2 Pasaman yang baik, sehingga mampu menciptakan peserta didik yang berkualitas serta menanamkan ajaran-ajaran Islam dengan baik, baiknya mutu pendidikan merupakan hasil dari pengolahan atau manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam yang tepat dalam pelaksanaannya. Adapun manajemen pembelajaran yang di bahas dalam penelitian ini ialah manajemen perencanaan, pengorganisasian, pengawasan, dan evaluasi pembelajaran yang ada di MIN 2 Pasaman. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana mutu manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di MIN 2 Pasaman, dan apa kendala yang ditemui dalam memanajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di MIN 2 Pasaman, dan bagaimana cara megatasi kendala dalam memanajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di MIN 2 Pasaman (Studi Kasus: Perencanaan, Pengorganisasian, Pengawasan, dan Evaluasi) agar bermutu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mutu manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di MIN 2 Pasaman, pembelajaran pendidikan agama Islam di MIN 2 Pasaman, untuk mengetahui kendala yang ditemui dalam memanajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di MIN 2 Pasaman, dan untuk mengetahui cara mengatasi kendala mutu pembelajaran pendidikan agama Islam di MIN 2 Pasaman (Studi Kasus: Perencanaan, Pengorganisasian, Pengawasan, dan Evaluasi) Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sementara tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di MIN 2 Pasaman terlaksana dengan baik sehingga mutu manajemen pembelajaran pendidikan agama Islam di MIN 2 Pasaman menunjukkan kualitas yang baik, kendala yang ditemui pada administrasi dana, sarana dan prasarana, dan lokasi, cara megatasi kendala tersebut yaitu melakukan musyawarah dengan komite, mengajukan proposal kepada pemerintahan atau lembaga pendidikan, dan pembagunan gedung serba guna
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Manajemen pembelajaran; Pendidikan agama islam |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mrs. Zura idah |
Date Deposited: | 12 May 2020 00:17 |
Last Modified: | 12 May 2020 00:26 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1357 |
Actions (login required)
View Item |