Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan strategi card sort dalam peningkatan kemampuan membaca Alquran anak di Desa Janji Manaon Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan

Daulay, Ainul Fitrah (2018) Penerapan strategi card sort dalam peningkatan kemampuan membaca Alquran anak di Desa Janji Manaon Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 201 00166.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Penerapan Strategi Card Sort dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Alquran Anak di Desa Janji Manaon Kec. Batang Angkola Kab. Tapanuli Selatan”, membahas tentang kemampuan membaca Alquran anak yang dilihat dari segi makhrajnya dengan menggunakan strategi card sort dalam pembelajarannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah Penerapan Strategi Card Sort dapat Meningkatkan Kemampuan Membaca Alquran Anak di Desa Janji Manaon Kec. Batang Angkola Kab. Tapanuli Selatan. Strategi card sort adalah suatu strategi pembelajaran berupa potongan- potongan kertas yang dibentuk seperti kartu yang berisi informasi atau materi pelajaran. Ia merupakan kegiatan kolaboratif yang dapat digunakan untuk mengajarkan konsep, penggolongan sifat, fakta atau tentang suatu obyek, atau mengulangi informasi Penelitian ini adalah penelitian partisipatory action research (PAR), dengan menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 8 orang anak. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Analisis data dilaksanakan dengan cara deskriptif kualitatif. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa adanya peningkatan kemampuan membaca Alquran anak dengan menggunakan strategi card sort. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil tes yang diberikan peneliti dan juga hasil observasi pada setiap siklus. Hasil tindakan pada siklus I adalah 15, pada siklus II adalah 18,12 dan pada siklus III adalah 21,12. Dilihat dari hasil tindakan siklus I sampai dengan siklus III menunjukkan adanya peningkatan jumlah skor yang diperoleh dari setiap tes.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Strategi Card Sort; Kemampuan Membaca Alquran Anak
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 11 May 2020 06:11
Last Modified: 02 Jun 2020 08:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1352

Actions (login required)

View Item View Item