Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Nilai-nilai pendidikan islam yang terkandung dalam surah Al-Mu’minun ayat 12-14

Nurhalimah, Nurhalimah (2018) Nilai-nilai pendidikan islam yang terkandung dalam surah Al-Mu’minun ayat 12-14. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 201 00152.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah skripsi ini adalah manusia merupakan makhluk ciptaan Allah yang berbeda dengan makhluk lainnya. Bila dilihat dari proses kejadian manusia yang terdiri dari dua tahap yaitu tahap material (fisik) dan immaterial (rohani). Maka dalam pengembangan potensi yang ada dalam diri manusia tidak lepas dari dua hal tersebut. Begitu pula halnya dalam pencapaian tujuan pendidikan Islam. Adapun rumusan masalahnya adalah bagaimana penafisran umum Q.S Al-Mu’minun ayat 12-14, dan apa saja nilai-nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam Q.S Al- Mu’minun ayat 12-14, Adapun tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penafsiran umum Q.S Al-Mu’minun ayat 12-14 dan untuk mengetahui nilai-nilai Pendidikan Islam yang terkandung dalam Q.S. Al-Mu’minun ayat 12-14, Adapun Kegunaan penelitian ini adalah dapat memperoleh pengetahuan teoritis tentang nilai-nilai Pendidikan Islam dalam surat Al-Mu’minun ayat 12-14. Data yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah data yang bersifat primer dan skunder. Data primer adalah data yang diperoleh sumber inti. Yaitu yang menjadi sumber data primernya adalah berasal dari al-qur’an, tepatnya pada surah al- Mu’minun ayat 12-14. Data skunder adalah data yang diperoleh dari sumber-sumber lain yang berkaitan dengan penelitian ini, dan memberi interpretasi terhadap sumber primer. Sumber data skunder dapat berupa kitab-kitab tafsir maupun buku-buku bacaan yang masih relevan dengan pembahasan skripsi ini. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan penelitian kepustakaan (library research). Yaitu penelitian yang dilaksanakan dengan menggunakan literatur (kepustakaan), baik berupa buku, catatan, maupun laporan hasil penelitian terdahulu. Metode yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini adalah metode tafsir tahlili. Metode ini menguraikan makna yang terkandung dalam al-qur’an, ayat demi ayat, sesuai dengan urutannya di dalam al-qur’an. Uraian tersebut mencakup berbagai aspek yang dikandung ayat yang ditafsirkan, seperti pengertian kosakata, kaitan dengan ayat-ayat yang lain, baik dalan sebelum maupun sesudahnya. Jadi, dari penelitian yang sudah dilaksanakan, peneliti mendapatkan hasil yang dapat disimpulkan bahwa Gambaran umum Q.S Al-Mu’minun ayat 12-14 yaitu:(1). Pembentukan segumpal darah (‘alaqah), (2). Pembentukan segumpal daging (mudhghah) (3). Pembentukan tulang dan daging, (4). Tahap Perkebambangan. Nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam surah al-Mu’minu ayat 12-14 adalah: (1). Nilai Pendidikan Keimanan (2). Nilai Pendidikan Sosial (3). Nilai Pendidikan Ilmiah (4). Nilai Pendidikan Akhlak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Nilai-Nilai Pendidikan Islam; Surah Al-Mu’minun Ayat 12-14; Proses Kejadian Manusia
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 11 May 2020 05:59
Last Modified: 02 Jun 2020 08:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1348

Actions (login required)

View Item View Item