Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Efektivitas penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama islam Di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan

Chairunnisa, Ulfah (2018) Efektivitas penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama islam Di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 201 00070.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan dalam kurikulum pendidikan nasuional. lahirnya kurikulum 2013 merupakan pengembangan dari kurikulum sebelumnya untuk merespon berbagai tantangan internal dan eksternal. Kurikulum 2013 menjanjikan lahirnya generasi penerus bangsa yang produktif, kreatif, inovatif, dan berkarakter. Dengan kreatifitas, anak-anak bangsa mampu berinovasi secara produktif untuk menjawab tantangan masa depan yang semakin rumit dan kompleks. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penerapan Kurikulum 2013 pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana guru pendidikan agama islam dalam menerapkan kurikulum 2013 dan efektivitas guru pendidikan agama islam dalam menerapkan kurikulum 2013 Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pendidikan agama Islam. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi, dan metode dokumentasi. Metode analisis data kualitatif dalam mengumpulkan datanya melalui empat langkah yaitu reduksi data, displays data, mengembalikan kesimpulan dan verifikasi, serta analisis lapangan. Setelah data terkumpul penulis menganalisis dengan menggunakan cara berpikir deduktif dan induktif. Hasil penelitian ini menunjukan penerapan kurikulum 2013 pada mata pelajaran pendidikan agama Islam telah efektif. Hal ini dapat dilihat dari Permendikbud K.13 tahun 2106 yang mencakup standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian, dan standar kompetensi inti dan kompetensi dasar yang melalui beberapa aspek untuk melihat kefektifitas diantaranya: rencana atau program seperti RPP yang digunakan oleh guru untuk menjadi pedoman mengajar dapat dilaksanakan dengan baik dimulai dari pertemuan awal hingga evaluasi yang telah terprogram didalam RPP, aspek ketentuan dan aturan yang dibuat oleh guru dalam proses belajar sudah diterapkan oleh siswa seperti dalam proses diskusi, presentasi dan ketentuan serta aturan ini dapat dilaksanakan dengan baik oleh siswa, aspek tujuan dalam proses belajar sudah dapat dikatakan baik karena nilai prestasi dari para siswa sudah memenuhi KKM, aspek tugas atau fungsi guru telah mencapai standar keefektivitasan pada mata pelajaran pendidikan agama islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Hj. Asfiati, M.Pd dan Muhammad Yusuf Pulungan, M.A
Keywords: Penerapan Kurikulum: Kurikulum Pendidikan Nasional
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 12 May 2020 02:18
Last Modified: 09 Aug 2021 06:12
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1347

Actions (login required)

View Item View Item