Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Usaha guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan ranah afektif siswa di SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan.

Hutagaol, Masitoh (2018) Usaha guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan ranah afektif siswa di SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 201 00048.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu adanya peserta didik yang mampu menguasai materi pembelajaran PAI masih juga berperilaku kurang baik seperti tidak menghormati gurunya, ribut di kelas, tutur sapa yang hilang, cabut, dan sering melanggar peraturan sekolah. Rumusan masalah penelitian bagaimana gambaran ranah afektif siswa di SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan, usaha guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan ranah afektif siswa di SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan, dan hambatanhambatan yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan ranah afektif siswa di SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole Kabupaten Tapanuli Selatan. Kegunaan penelitian sebagai bahan masukan bagi guru dalam proses pembelajaran untuk lebih fokus pada segi afektif. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan usaha guru Pendidikan Agama Islam. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan ranah afektif yaitu penerimaan (receiving/attending), pemberian respon (responding), penghargaan (valuing), pengorganisasian (organinization) dan karakteristik (cracterization). Sumber data yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah sumber data primer yaitu guru Pendidikan Agama Islam 2 orang dan siswa/i SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole dan sumber data sekunder yaitu sebagai pendukung kepala sekolah dan guru bidang studi lainnya di SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dan teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa keadaan ranah afektif siswa di SMA Negeri 1 Saipar Dolok Hole bisa dikatakan sudah baik dilihat dari kesediaaan siswa mendengarkan guru, respon terhadap materi pelajaran, menerima materi, bisa mengorganisasikan materi dan menjadikan materi pelajaran menjadi sikap meskipun tidak semua siswa mengamalkannya. Usaha guru Pendidikan Agama Islam yaitu: memberi motivasi atau nasehat sebelum atau sesudah pembelajaran, melibatkan siswa dalam proses pembelajaran, berpedoman pada Al-Qur’an dan Hadist, metode praktis dan, menjadi contoh teladan. Hambatan yang dihadapi guru Pendidikan Agama Islam mencakup: faktor internal yaitu kesehatan siswa dan faktor eksternal yaitu diri siswa itu sendiri, lingkungan, kerjasama sekolah dan orang tua siswa dan sarana prasana sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Drs. Nasruddin Hasibuan, M.Pd dan Rosimah Lubis, M.Pd
Keywords: Pembelajaran PAI; Berperilaku Kurang Baik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 12 May 2020 02:16
Last Modified: 04 Aug 2021 03:19
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1345

Actions (login required)

View Item View Item