Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peranan guru dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat wajib berjama`ah santriwati di Pondok Pesantren Modern Al-Abraar Siondop Julu Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan

Ritonga, Nur Indah Permata Sari (2018) Peranan guru dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat wajib berjama`ah santriwati di Pondok Pesantren Modern Al-Abraar Siondop Julu Kecamatan Angkola Selatan Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 201 00012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah santriwati yang tinggal di asrama harus mematuhi segala peraturan-peraturan yang telah ditetapkan dan apabila tidak dipatuhi akan mendapatkan sanksi namun diantara santriwati masih ada yang melanggar peraturan seperti waktu melaksanakan shalat wajib berjama’ah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengamalan ibadah shalat wajib berjama’ah santriwati, peranan guru dalam meningkatkan pengamalan ibadah shalat wajib berjama’ah santriwati, dan metode guru dalam meningkatkan ibadah shalat wajib berjama’ah santriwati. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai sumbangan informasi bagi guru dan pengasuhan santri tentang peranan guru dalam meningkatkan ibadah shalat wajib santriwati di Pesantern Modern Al-Abraar. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena disekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah. Subjek penelitian yaitu guru. Data-data yang dihimpun diolah menggunakan analisis data. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara interview dan observasi. Hasil penelitian ini bahwa peranan guru sebagai pendidik yang memberikan ilmu pengetahuan, membimbing santriwati kejalan yang lebih baik, memotivasi santriwati, suri tauladan yang baik bagi santriwati dan penasehat yang selalu ada untuk santriwati dalam meningkatkan ibadah shalat wajib sangat baik untuk mengarahkan para santriwati melaksanakan shalat wajib berjama`ah dengan tertib. Dengan demikian guru benar-benar menjadi panutan bagi santriwati. Metode – metode yang digunakan oleh guru yaitu ceramah, nasehat, praktik, keteladanan, pemibasaan, latihan, kisah, dan hukuman untuk mengarahkan pengamalan shalat wajib berjama’ah santriwati di Pondok Pesantren Modern AlAbraar juga sangat berpengaruh sehingga dapat meningkatkan keaktifan santirwati dalam melaksanakan shalat wajib berjama’ah lima waktu, santriwati juga tidak hanya melaksanakan shalat wajib karena peraturan yang telah ditentukan dalam Pondok, tetapi santriwati benar-benar melaksanakan shalat wajib tersebut dari hati karena Allah Swt.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Peran Guru; Ibadah Sholat Wajib Bejamaah
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 11 May 2020 03:45
Last Modified: 11 May 2020 03:45
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1343

Actions (login required)

View Item View Item