Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Perbedaan nilai mata pelajaran pendidikan agama islam yang berasal dari SMP dan MTS di SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara

Ritonga, Nurkhoiriah E (2018) Perbedaan nilai mata pelajaran pendidikan agama islam yang berasal dari SMP dan MTS di SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 201 00017.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Sistem pendidikan Islam berbeda dengan sistem pendidikan Non-Islam, tetapi dibidang teknik-operasional barangkali keduanya memiliki persamaan. Sama halnya dengan sistem pendidikan di MTs dan sistem pendidikan di SMP. Perbedaan antara SMP dan MTs adalah dalam beban pengalaman belajar, dimana siswa SMP beban dan pengalaman belajarnya lebih sedikit dibanding siswa MTs baik secara keseluruhan pelajaran pada umumnya maupun dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam pada khususnya. Perbedaan tersebut membawa pengaruh terhadap prestasi belajar siswa di SMA dalam hal mata pelajaran pendidikan agama Islam. Permasalahan penelitian ini adalah sebagai berikut: bagaimana nilai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa yang berasal dari SMP di SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara, bagaimana nilai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa yang berasal dari MTs di SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara, adakah perbedaan yang signifikan nilai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berasal dari SMP dan yang berasal dari MTs di SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara. Instrument pengumpulan data yaitu wawancara dan dokumentasi. Metode penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, dilaksanakan pengelolahan dan analisis data dengan teknik sebagai berikut: persiapan yaitu mengecek kelengkapan data, tabulasi data yaitu menyajikan data yang diperoleh, dan analisis data yaitu menganalisis data yang sudah ditabulasi. Untuk membuktikan hipotesis penelitian ini maka digunakan analisis statistik yaitu uji “t”. Berdasarkan penelitian ini diperoleh hasil bahwa nilai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berasal dari SMP memiliki nilai tertinggi 82 dan terendah 70. Sedangkan nilai dari MTs memiliki nilai tertinggi 90 dan terendah 70. Sehingga nilai mata pelajaran Pendidikan Agama Islam yang berasal dari SMP dan MTs di SMA Negeri 1 Padang Bolak Julu Kabupaten Padang Lawas Utara tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Artinya, Hipotesis Nol (H₀) yang menyatakan tidak terdapat perbedaan yang signifikan diterima dan Hipotesis Kerja (Hₐ) yang menyatakan terdapat perbedaan yang signifikan ditolak. Hal ini dapat dibuktikan dari perolehan tₒ = 0,65 dan tt = 2,01 dan 2,68 dengan demikian 2,01 > 0,65 < 2,68 maka tₒ lebih kecil daripada tt baik pada taraf signifikan 5% maupun taraf signifikan 1%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Nilai Mata Pelajaran PAI; SMA
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Darmayanti Simamora
Date Deposited: 11 May 2020 03:26
Last Modified: 11 May 2020 03:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1342

Actions (login required)

View Item View Item