Harahap, Elli Saida (2018) Pembelajaran pendidikan agama islam pada kelas unggulan di Pondok Pesantren Al Ansor Desa Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 201 00003.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini yakni pembelajaran pendidikan agama Islam yang diterapkan selama ini belum memberikan hasil sesuai dengan harapan. Untuk itu diperlukan perhatian khusus untuk meningkatkan keberhasilam pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu dengan mengadakan program kelas unggulan. Dengan program tersebut diharapkan akan memberikan hasil yang lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan serta faktor penghambat dan faktor pendukung pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas unggulan di pondok pesantren al-Ansor Desa Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk menggambarkan bagaimana pelaksanaan pembelajaran serta faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas unggulan di pondok pesantren al-Ansor Desa Manunggang Julu Kecamatan Padangsidimpuan Tenggara. Adapun kegunaan penelitian ini adalah agar hasilnya memberikan bahan pertimbangan untuk perbaikan kedepannya baik bagi guru maupun siswa. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan agama Islam. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teoriteori yang berkaitan dengan pembelajaran pendidikan agama Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Dengan sumber data primer dan sekunder dan instrument pengumpulan data didapat dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan untuk tekhnik menjamin keabsahan data adalah perpanjangan keikutsertaan dan triangulasi. Hasil temuan penelitian ini adalah pertama, pelaksanaan pembelajaran pendidikan agama Islam pada kelas unggulan di pondok pesantren al-Ansor berjalan seperti apa yang telah direncanakan meskipun masih ada beberapa hambatan yang dihadapi oleh Guru dan siswa namun hambatan tersebut masih dapat di atasi. Kedua, faktor pendukungnya adalah guru, sarana dan suasana yang kondusif. Adapun faktor penghambatnya adalah padatnya waktu, dan faktor siswa yang nakal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Pembelajaran Agama Islam; Pondok Pesantren |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Darmayanti Simamora |
Date Deposited: | 11 May 2020 03:14 |
Last Modified: | 11 May 2020 03:14 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1341 |
Actions (login required)
View Item |