Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis open ended problem pada materi peluang di Kelas VIII SMP Negeri 2 Panyabungan

Nasution, Rizky Al Barkah (2025) Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis open ended problem pada materi peluang di Kelas VIII SMP Negeri 2 Panyabungan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920200033.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh minimnya bahan ajar untuk menunjang proses pembelajaran dan dibutuhkan bahan ajar yang cenderung sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Sebagian besar kegiatan pembelajaran masih berpusat pada guru sehingga peserta didik kurang mampu dalam mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Peserta Didik yang berbasis Open Ended Problem berdasarkan kevalidan, kepraktisandan keefektivan pada materi peluang. Lembar Kerja Peserta Didik ini disusun dengan menggunakan metode penelitian pengembangan (Research & Development) model 4D. Pengambilan data penelitian dilakukan di SMP Negeri 2 Panyabungan terhadap peserta didik kelas VIII-1. Tahap awal penelitian yaitu define untuk mendefinisikan kebutuhan penelitian. Tahap design merupakan perancangan perangkat pembelajaran berupa RPP, Lembar Kerja Peserta Didik serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, lembar respon peserta didik dan guru, serta tes hasil belajar peserta didik. Tahap develop, pada tahap ini produk awal perangkat pembelajaran divalidasi oleh validator ahli untuk memperoleh kelayakan produk yang telah dirancang berdasarkan hasil validasi dan saran serta masukan validator. Setelah divalidasi dan direvisi kemudian produk diujicobakan pada peserta didik. Hasil ujicoba kemudian dianalisis guna mengetahui kelayakan Lembar Kerja Peserta Didik dari sudut pandang peserta didik dan guru. Hasil penelitian sebagai berikut : 1) Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Open Ended Problem pada materi peluang di kelas VIII SMP Negei 2 Panyabungan telah memenuhi kriteria sebagai bahan ajar yang valid atau layak digunakan dengan hasil validasi ahli materi sebesar 74% dan ahli media sebesar 70% sehingga persentase hasil keseluruhan sebesar 72% dengan kategori valid. 2) Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Open Ended Problem pada materi peluang di kelas VIII SMP Negeri 2 Panyabungan telah terbukti praktis, menarik, mempermudah proses belajar mengajar, dan memberikan manfaat baik bagi siswa maupun guru dengan hasil respon peserta didik sebesar 75.6% dan respon guru sebesar 76,9% sehingga persentase keseluruhan sebesar 76,2% dengan kategori praktis. 3) Pembelajaran menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik berbasis Open Ended Problem pada materi peluang di kelas VIII SMP Negeri 2 Panyabungan terbukti cukup efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa dengan hasil N-Gain Score sebesar 0,60 atau 60% dengan kategori cukup efektiv.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, S.T., M.Si dan Lili Nur Indah Sari, S.Pd.I., M.Pd
Keywords: Lembar kerja; Peserta didik; Open ended problem; Materi peluang; Matematika; SMP Negeri 2 Panyabungan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 23 Dec 2025 01:49
Last Modified: 23 Dec 2025 01:49
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13217

Actions (login required)

View Item View Item