Syahputra, Irwan (2025) Implementasi event dan experience dalam menarik minat pengunjung Komika Cafe Kotapinang. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
1840200240.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi dengan informasi dari warga sekitar dan melalui beberapa pengamatan peneliti pada bulan agustus 2024, ada kecenderungan peningkatan jumlah pengunjung ketika diadakan Event Live Music dari pada ketika tidak ada Event Live Music di Komika Cafe Kotapinang. Oleh karena itu, hal ini kemudian menarik minat peneliti untuk mengungkap lebih dalam mengenai apakah event Live Music bisa menarik minat pengunjung yang nantinya akan menjadi komunikasi pemasaran yang digunakan pihak manajemen. Salah satu strategi yang dapat digunakan untuk meningkatkan minat pengunjung adalah dengan mengadakan event dan experience yang unik dan menarik. Namun, masih banyak cafe yang belum memahami bagaimana cara mengadakan event dan experience yang efektif untuk meningkatkan minat pengunjung.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi Event dan Experience yang digunakan Manajemen Komika Cafe Kotapinang sebagai komunikasi pemasaran dalam menarik minat pengunjung dan untuk mengetahui implikasi dari implementasi Event dan Experience dalam menarik minat pengunjung Komika Cafe Kotapinang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori tentang strategi event marketing, event dan experience, program live musik dan minat pengunjung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah pemilik dan pengunjung cafe Komika Cafe Kotapinang. Sumber data yang digunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Event live music dapat meningkatkan minat pengunjung untuk datang ke café, terutama jika musik yang diputar sesuai dengan preferensi pengunjung. Communitas event dapat membangun loyalitas pengunjung dengan menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan dan private event dapat meningkatkan pendapatan café dengan menyediakan ruang dan fasilitas yang eksklusif untuk acara-acara pribadi. Adanya berbagai bentuk event memberi dampak yang signifikan terhadap cafe.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dra. Hj. Replita, M.Si dan Annida Karima Sovia, M.M |
| Keywords: | Event dan experience; Minat pengunjung ; Komika Cafe Kotapinang; Event life music |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150401 Food and Hospitality Services 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 22 Dec 2025 06:09 |
| Last Modified: | 22 Dec 2025 06:09 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13210 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
