Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Motivasi Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran dalam menonton konten dakwah Ustadz Hanan Attaki di media sosial YouTube

Muthmainnah, Nurainun (2025) Motivasi Mahasiswa Program Studi Komunikasi dan Penyiaran dalam menonton konten dakwah Ustadz Hanan Attaki di media sosial YouTube. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2130100009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh meningkatnya minat mahasiswa dalam mengakses konten dakwah melalui media sosial, khususnya YouTube. Salah satu dai yang populer dan diminati mahasiswa adalah Ustadz Hanan Attaki, yang dikenal dengan gaya penyampaian yang santai serta tema dakwah yang relevan dengan kehidupan generasi muda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi faktor-faktor pendorong mahasiswa menonton konten dakwah, menganalisis pengaruh motivasi terhadap perilaku keagamaan, dan mengevaluasi kontribusi konten dakwah terhadap pemahaman keislaman mereka.Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus dan pendekatan fenomenologis. Subjek penelitian terdiri dari 16 mahasiswa KPI angkatan 2021 dan 2023 yang aktif menonton konten dakwah Ustadz Hanan Attaki di YouTube. Teknik pengumpulan data meliputi observasi partisipan, wawancara semi-terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 16 informan, 11 mahasiswa, menyatakan menonton karena motivasi intrinsik, seperti kebutuhan spiritual, peningkatan pemahaman agama, dan dorongan untuk memperbaiki diri. Sementara itu, 5 mahasiswa didorong oleh motivasi ekstrinsik, seperti gaya penyampaian yang menarik, konten yang relevan dengan kehidupan remaja. Sebagian besar informan juga menyatakan adanya pengaruh positif dari konten tersebut terhadap aktivitas keagamaan, seperti lebih rutin salat, mengikuti kajian, dan meninggalkan pergaulan negatif. Selain itu, mahasiswa mengaku lebih mudah memahami ajaran Islam karena penggunaan bahasa yang ringan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa konten dakwah digital yang disampaikan secara menarik dan relevan terbukti mampu memotivasi mahasiswa untuk menontonnya secara aktif. Konten tersebut tidak hanya menjadi sumber pengetahuan agama, tetapi juga berdampak pada perubahan sikap dan praktik keagamaan mahasiswa KPI UIN Syahada Padangsidimpuan. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan strategi dakwah digital yang efektif dan adaptif terhadap karakteristik generasi muda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Sholeh Fikri, M.Ag dan Ali Amran, S.Ag., M.Si
Keywords: Motivasi; Mahasiswa; Program Studi Komunikasi dan Penyiara Islam; Menonton; Konten dakwah; Ustadz Hanan Attaki; YouTube
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 18 Dec 2025 02:40
Last Modified: 18 Dec 2025 02:40
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13156

Actions (login required)

View Item View Item