Sakinah, Iffa (2025) Meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan metode drill materi operasi hitung bilangan bulat Kelas V SD Negeri 200507 Pijorkoling Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2120500029.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode drill dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas V SD Negeri 200507 Pijorkoling, Padangsidimpuan, khususnya pada materi operasi hitung bilangan bulat melalui penerapan metode drill. Latar belakang penelitian ini didasari oleh observasi awal yang menunjukkan rendahnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah. Banyak siswa kesulitan memahami struktur soal, merumuskan strategi penyelesaian, hingga melakukan perhitungan yang akurat pada operasi hitung bilangan bulat yang berdampak pada nilai ulangan harian yang kurang memuaskan. Metode drill dipilih karena dianggap memiliki potensi untuk melatih ketangkasan dan ketepatan siswa dalam dalam memecahkan masalah. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 20 siswa kelas V-B SD Negeri 200507 Pijorkoling Padangsidimpuan Tenggara. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan pemecahan masalah matematika, lembar observasi aktivitas guru dan siswa. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi pola dan perubahan, serta kuantitatif untuk melihat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Pada siklus I, tingkat ketuntasan kemampuan pemecahan masalah meningkat dari 25%, pada pertemuan 1 tingkat ketuntasan kemampuan pemecahan masalah yaitu 40%, dan pertemuan 2 menjadi 50%. Pada siklus II, tingkat ketuntasan kemampuan pemecahan masalah meningkat menjadi 60% pada pertemuan pertama dan mencapai 80% pada pertemuan kedua. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode drill efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas V SD Negeri 200507 Pijorkoling pada materi operasi hitung bilangan bulat. Metode ini dapat menjadi alternatif yang efektif dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan A. Naashir M. Tuah Lubis, M.Pd |
| Keywords: | Pemecahan masalah; Matematika; Siswa; Metode drill; Operasi hitung bilangan bulat; Kelas V; SD Negeri 200507 Pijorkoling; Padangsidimpuan Tenggara |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 07:19 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 07:19 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
