Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan media counting box (kotak berhitung) untuk meningkatkan hasil belajar matematika Siswa Kelas I SD Negeri 103090 Gunung Baringin Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara

Hasibuan, Rika Putriani (2025) Penggunaan media counting box (kotak berhitung) untuk meningkatkan hasil belajar matematika Siswa Kelas I SD Negeri 103090 Gunung Baringin Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2120500088.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah kurangnya antusias dan rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hal ini disebabkan karena media pembelajaran yang diterapkan belum optimal dan kurang bervariasi. Maka, perlu adanya perubahan pelaksanaan pembelajaran di kelas melalui penggunaan media Counting Box dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penggunaan Counting Box dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan 1-20 di kelas I SD Negeri 103090 Gunung Baringin padang lawas utara. Jenis penelitian ini ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan pada tahap perencanaan, Tindakan, observasi dan refleksi di SD Negeri 103090 Gunung Baringin subjek penelitian ini adalah 8 Siswa kelas I, 6 siswa perempuan dan 2 siswa laki-laki. Data dikumpulkan melalui observasi aktivitas belajar siswa dan tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas belajar mencapai 70%, meningkat menjadi 72,5% pada pertemuan 2. Pada siklus II pertemuan 1, aktivitas belajar siswa 77,5% dan meningkat signifikan menjadi 92,5% pada pertemuan 2. Peningkatan ini juga tercermin dalam hasil belajar siswa. Pada kondisi awal, rata-rata nilai siswa adalah 52,5% dengan ketuntasan belajar sebesar 37,5% (3 dari 8 siswa). Pada siklus II, rata-rata nilai mencapai 92,5% dengan ketuntasan 100% (8 dari 8 siswa). Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media Counting Box efektif dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika siswa, serta telah memenuhi indicator keberhasilan yang diterapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Erna Ikawati, M.Pd dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi
Keywords: Media counting box (kotak berhitung); Hasil belajar; Matematika; Siswa; Kelas I; SD Negeri 103090 Gunung Baringin; Kecamatan Portibi; Kabupaten Padang Lawas Utara
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 17 Dec 2025 03:29
Last Modified: 17 Dec 2025 03:29
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13141

Actions (login required)

View Item View Item