Ritonga, Saddiah (2025) Pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V SD Negeri 25 Pangkatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2120500165.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya nilai hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi majas, hal ini disebabkan kurangnya variasi penerapan model pembelajaran dan membuat siswa kurang tertarik dalam proses pembelajaran, sehingga memerlukan penggunaan model pembelajaran yang lebih variatif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 25 Pangkatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V Sekolah Dasar Negeri 25 Pangkatan materi majas. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas V SD negeri 25 Pangkatan yang terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran team games tournament lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran team games tournament terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD negeri 25 Pangkatan. Hal ini dapat ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis yang menerangkan bahwa Thitung > Ttabel yaitu Thitung = 2,542 > Ttabel =2,021. Dari hasil perhitungan tersebut terbukti bahwa Ho Ditolak dan Ha Diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh model pembelajaran team games tournament terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia materi majas di kelas V SD negeri 25 Pangkatan.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Erna Ikawati, M.Pd dan Anita Angraini Lubis, M.Hum |
| Keywords: | Model pembelajaran; Team Games Tournament (TGT); Hasil belajar; Siswa; Bahasa Indonesia; Kelas V; SD Negeri 25 Pangkatan |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 03:18 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 03:18 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13139 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
