Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kepribadian, pengetahuan, dan media sosial terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha

Nasution, Fardhu Akmal (2025) Pengaruh kepribadian, pengetahuan, dan media sosial terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040200224.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Mahasiswa yang merasa kepribadiannya tidak ada menjadi wirausahawan karena kurang percaya diri dalam hal berwirausaha, Mahasiswa yang merasa pengetahuannya tidak ada menjadi wirausahawan karena ketidak tahunnya dalam hal berwirausaha. Mahasiswa yang merasa media sosial tidak ada menjadi wirausahawan karena tidak bijak dalam menggunakan media sosial. oleh karena itu mahasiswa kurang minat dalam berwirausaha, terutama mahasiswa prodi Ekonomi Syariah. Oleh karena itu menyebabkan mahasiswa prodi ekonomi syariah kurang minat membuka usaha atau menjadi wirausahawan. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepribadian terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh pengetahuan terhadap minat mahasiswa dalam berwirausha. Untuk mengetahui apakah ada pengaruh media sosial terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha. Untuk mengetahui apakah ada kepribadian, pengetahuan, dan media sosial terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha. Jenis penilitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa FEBI UIN Syahada Padangsidimpuan angkatan 2020 prodi ekonomi syariah dengan total populasi sebanyak 238 orang. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 70 orang. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner dengan skala ordinal untuk mengukur variabel pengaruh kepribadian, pengetahuan, dan media sosial dan minat berwirausaha mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, statistik deskriptif, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji regresi linear berganda, uji koefisien regresi secara parsial (uji t), uji koefisien regresi secara smultan (uji f) dan uji koefisien determinasi (uji R2). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Secara Parsial Kepribadian berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha pada mahasiswa ekonomi syariah angkatan 2020 UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Secara Parsial Pengetahuan berpengaruh terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha. Secara Parsial Media Sosial berpengearuh terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha. Kepribadian, Pengetahuan, dan Media Sosial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha pada prodi ekonomi syariah angkatan 2020 UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Sarmiana Batubara, M.A dan Samsuddin Muhammad, S.E., M.Si
Keywords: Kepribadian; Pengetahuan; Media sosial; Minat; Mahasiswa; Wirausaha
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150304 Entrepreneurship
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 17 Dec 2025 02:57
Last Modified: 17 Dec 2025 02:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13138

Actions (login required)

View Item View Item