Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kelengkapan produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian

Rahman, Riski Aulia (2025) Pengaruh kelengkapan produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2140200062.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh fluktuasi pendapatan yang dialami Toko Nato Bangunan di Kota Padangsidimpuan selama periode 2020 hingga 2023. Fluktuasi tersebut diduga dipengaruhi oleh beberapa faktor, khususnya kelengkapan produk dan kualitas pelayanan. Secara teoritis, semakin lengkap produk yang ditawarkan dan semakin baik kualitas pelayanan yang diberikan, maka keputusan pembelian konsumen seharusnya meningkat. Namun demikian, hasil observasi dan wawancara yang dilakukan menunjukkan bahwa masih terdapat konsumen yang enggan melakukan pembelian di toko tersebut. Beberapa alasan yang diungkapkan konsumen mencakup tata letak barang yang kurang rapi serta aksesibilitas toko yang belum optimal, yang menyebabkan ketidaknyamanan dalam proses berbelanja. Berdasarkan latar belakang tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kelengkapan produk dan kualitas pelayanan terhadap keputusan pembelian konsumen di Toko Nato Bangunan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket sebagai instrumen utama, yang disebarkan kepada 68 responden yang merupakan konsumen aktif toko. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas), analisis regresi linier berganda, serta uji hipotesis melalui uji t (parsial) dan uji F (simultan), serta pengujian koefisien determinasi (R²). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelengkapan produk tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen. Sebaliknya, kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Secara simultan, kelengkapan produk dan kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian ini, peningkatan kualitas pelayanan dapat menjadi strategi utama dalam meningkatkan keputusan pembelian konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, S.E.I., M.A dan Sry Lestari, S.H.I., M.Si
Keywords: Kelengkapan produk; Produk; Kualitas pelayanan; Keputusan pembelian
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 17 Dec 2025 02:22
Last Modified: 17 Dec 2025 02:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13131

Actions (login required)

View Item View Item