Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan kreativitas siswa menggunakan model project based learning dalam pembelajaran seni budaya dan prakarya Kelas IV MI Padangsidimpuan Angkola Julu

Ihsan, Khoirul (2025) Peningkatan kreativitas siswa menggunakan model project based learning dalam pembelajaran seni budaya dan prakarya Kelas IV MI Padangsidimpuan Angkola Julu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
1920500122.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya kreativitas siswa di kelas IV MI Padangsidimpuan Angkola Julu yang masih rendah. Hal ini disebabkan siswa yang kurang berani dan kurang percaya diri terhadap dirinya, kurang memiliki rasa ingin tahu, dalam kegiatan pembelajaran sehari-hari siswa cenderung pasif, siswa malu bertanya, siswa lebih banyak diam dan ragu-ragu. Sehingga perlu dilakukan perubahan dengan menggunakan model project based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan model project based learning yang dapat meningkatkan kreativitas siswa pada mata pelajaran seni budaya dan prakarya di kelas IV MI Padangsidimpuan Angkola Julu. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). penelitian ini dilaksanakan di MI Padangsidimpuan Angkola Julu yang berjumlah 18 siswa. Instrumen pengumpulan data adalah tes dan observasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kreativitas siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari persentase hasil observasi pra-siklus persentase ketuntasan sebesar 28% dengan nilai rata-rata kelas 53,6, kemudian meningkat pada siklus I pada pertemuan I persentase ketuntasan sebesar 44% dengan nilai rata-rata 59,2 dan pertemuan II persentase ketuntasan sebesar 56% dengan nilai rata- rata siswa sebesar 64,7. Pada siklus I telah terjadi peningkatan dengan menggunakan model project based learning. Kemudian dilanjutkan pada siklus II pertemuan I persentase meningkat menjadi persentase ketuntasan sebesar 72% dengan nilai rata-rata 71,8 dan mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan II persentase ketuntasan sebesar 83% dengan nilai rata-rata 76,1. Dengan demikian kreativitas siswa yang dinilai oleh beberapa indikator yang telah ditentukan peneliti, dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan kreativitas siswa dengan mengunakan model project based learning.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Rahmadani Tanjung, M.Pd dan Anita Angraini Lubis, M.Hum
Keywords: Kreativitas; Siswa; Model project based learning; Pembelajaran; Seni budaya dan prakarya; Kelas IV; Madrasah Ibtidaiyah; Padangsidimpuan Angkola Julu
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 Dec 2025 07:59
Last Modified: 16 Dec 2025 07:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13118

Actions (login required)

View Item View Item