Harahap, Riska Ayu (2025) Strategi pengembangan pasar tradisional dalam meningkatkan pendapatan pedagang dengan analisis SWOT. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
1840200284.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pasar Tradisional, tidak ada pengembangan dan renovasi bangunan. Permasalahan yang terjadi karena pelayanan yang lambat terhadap keluhan yang disampaikan oleh pedagang kepada pengelolah pasar yang mengakibatkan pasar tradisional tidak berkembang dan tidak bisa mewujudkan pasar tradisional yang nyaman, bersih, dan memberi pendapatan yang lebih baik bagi pedagang maupun kenyamanan bagi konsumen untuk berbelanja di pasar Inpres Sadabuan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana strategi pengembangan pasar tradisional dalam meningkatkan pendapatan pedagang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis strategi pengembangan pasar tradisional dalam meningkatkan pendapatan pedagang pada pasar tradisional pasar Inpres Sadabuan. Landasan teori penelitian ini adalah strategi pengembangan pasar yang berhubungan dengan ilmu ekonomi. teori-teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi pengembangan pasar, pengertian pengembangan pasar tradisional, tujuan pengembangan pasar tradisional, strategi pengembangan pasar tradisional, pendapatan pedagang, metode pengukuran kepuasan, dimensi kepuasan pelayanan dan jasa, metode pengukuran kepuasan dan pasar dalam ekonomi islam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ini adalah pedagang dan pengelolah pasar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, Teknik analisis data yang digunakan adalah SWOT, matriks IFAS dan matriks EFAS dan matriks analisis SWOT. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dengan menggunakan analisis matriks SWOT, strategi yang digunakan adalah strategi, WO (Weaknesss of opportunities), Demikian dengan kesimpulan : meningkatkan kebersihan, keamanan, dan ketertiban, agar daya beli konsumen di pasar Inpres Sadabuan semakin tinggi, meningkatkan pelayanan dan fasilitas pendukung dan meningkatkian sytem tata kelolah dengan adanya kemajuan teknologi dan komunikasi.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Zulaika Matondang, S.Pd., M.Si dan Samsuddin Muhammad, S.E., M.Si |
| Keywords: | Strategi pengembangan; Pasar tradisional; Pendapatan; Pedagang; Analisis SWOT |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 04:29 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 04:29 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13116 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
