Tanjung, Asmar (2025) Analisis determinan harga bahan pokok di Pasar Baru Panyabungan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
1940200055.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Bahan pokok adalah kebutuhan pokok masyarakat yang terdiri atas berbagai bahan-bahan makanan. Kebutuhan akan bahan pokok meningkat setiap tahunnya. Perbedaan harga pokok yang ada di pasar baru Panyabungan menunjukkan bahwa setiap pedagang mematok harga sendiri untuk dagangannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh Modal, Persaingan dan Target pasar terhadap harga bahan pokok di Pasar Baru Panyabungan dengan tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh Modal, Persaingan dan Target pasar terhadap harga bahan pokok di Pasar Baru Panyabungan. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan populasi penelitian adalah para pedagang di pasar baru Panyabungan tehnik pengambilan sampel menggunakan rumus sampling Insidental, hingga di dapat jumlah sampel 94, teknik pengumpulan data menggunakan teknik angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik deskriptif uji normalitas, uji linieritas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linier berganda, uji koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan menggunakan aplikasi SPSS 23. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan modal berpengaruh terhadap harga bahan pokok di pasar baru panyabungan. Persaingan berpengaruh terhadap harga bahan pokok di pasar baru panyabungan. Target pasar berpengaruh terhadap harga bahan pokok di pasar baru panyabungan. Modal, persaingan dan target pasar secara parsial berpengaruh terhadap harga bahan pokok di pasar baru panyabungan
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dr. Abdul Nasser Hasibuan, M.Si dan Ihdi Aini, M.E. |
| Keywords: | Harga; Bahan pokok; Pasar Baru Panyabungan |
| Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation) |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 07:42 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 07:44 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13111 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
