Ariani, Fepriyanti (2025) Pengaruh penggunaan media video animasi terhadap peningkatan keterampilan praktek ibadah shalat Kelas III SDN 200223 Aektampang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2020100318.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Peneliti menemukan kurang efesiennya pelaksanaan praktek ibadah shalat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran (praktek) di lapangan karena faktor kurang tersistemnya kegiatan pembelajaran. Dan peserta didik yang banyak melakukan gerakan shalat secara asal-asalan. Melalui penggunaan media dapat memudahkan guru dalam mengajarkan materi ini di sekolah dan dapat diterapkan di lapangan dan juga berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan peserta didik, salah satunya dengan penggunaan media video animasi. Rumusan Masalah Penelitian ini “Apakah Terdapat Pengaruh Penggunaan Media video animasi terhadap Peningkatan Keterampilan Praktek Ibadah Shalat?”. Oleh karenanya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Media video Animasi Terhadap keterampilan praktek ibadah shalat Kelas III SDN 200223 Aek Tampang Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah Kuantitatif positivistik, metode penelitian ini adalah Kuantitatif Positivistik adalah metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali. Jenis penelitian ini ialah berlandaskan filsafat positivisme (memandang realitas / gejala / fenomena itu dapat diklarifikasikan teramati hubungan gejala bersifat sebab akibat digunakan untuk meneliti popoulasi dan sampel. Populasi Penelitian ini ialah seluruh kelas III SDN 200223 Aektampang Padangsidimpuan yang berjumlah 20 orang dan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah Tes tertulis tentang kemampuan praktek ibadah shalat yang diberikan kepada siswa pada diawal dan diakhir penelitian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan bahwa, ada pengaruh Penggunaan Media video animasi Terhadap keterampilan praktek ibadah shalat Kelas III SDN 200223 Aek Tampang Padangsidimpuan. Hal ini dapat dilihat dari keterampilan praktek belajar pada pretest dan posttest pada pretest jumlah yang tuntas sebanyak 9 orang dengan nilai rata-rata siswa sebesar 73 dan nilai presentase ketuntasan 45% kemudian saat posttest jumlah siswa yang mengalami penaikan ketuntasan belajar sebanyak 16 orang dengan nilai siswa sebanyak 84.5 dan nilai presentase ketuntasan sebesar 80%. Selisih peningkatan antara pretest dan posttest pada nilai siswa sebesar 11.25 dan selisih peningkatan antara pretest dan posttest ketuntasan belajar siswa sebesar 35%.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A dan Dr. Almira Amir, S.T., M.Si |
| Keywords: | Media video animasi; Keterampilan; Praktek ibadah shalat; Kelas III; SDN 200223 Aektampang; Padangsidimpuan |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 16 Dec 2025 02:02 |
| Last Modified: | 16 Dec 2025 02:02 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13106 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
