Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh Shopee Paylater, flash sale dan livestreaming terhadap perilaku konsumtif Mahasiswa UIN Syahada Padangsidimpuan

Dalimunthe, Abdul Hamid (2025) Pengaruh Shopee Paylater, flash sale dan livestreaming terhadap perilaku konsumtif Mahasiswa UIN Syahada Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040200184.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya pengunjung shopee dari tahun 2020-2024, yang dapat dipengaruhi oleh berbagai fitur didalam aplikasi shopee yang diantaranya; paylater, flash sale, livestreaming dsb. Dalam Observasi dan wawancara kepada mahasiswa menunjukkan bahwasanya terdapat konsumen yang gemar berbelanja online menggunakan shopee paylater, flash sale dan livestreaming. Oleh karena itu peneliti ingin meneliti lebih mendalam seputar mahasiswa yang menggunakan aplikasi shopee dalam berbelanja online. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei menggunakan angket sebagai instrument pengumpulan data. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan sebanyak 40 responden yang merupakan mahasiswa angkatan 21 ekonomi syariah. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolineritas, uji heteroskedasitas), analisis regresi berganda, uji hipotesis (uji t dan uji F), serta uji koefisien determinasi R2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa shopee paylater memiliki pengaruh positif senilai 0,003 dan signifikan terhadap perilaku konsumtif, sedangkan flash sale dan live streaming tidak berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Secara simultan shopee paylater, flash sale dan livestreaming berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumtif. Maka berdasarkan hasil penelitian ini, penggunaan paylater dalam aplikasi shopee sudah menjadi solusi dalam meningkatkan pembelian produk yang diinginkan konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdul Nasser Hasibuan, M.Si dan M. Yarham, M.H
Keywords: Shopee paylater; Flash sale; Livestreaming; Perilaku konsumtif; Mahasiswa; UIN Syahada Padangsidimpuan
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Dec 2025 09:23
Last Modified: 15 Dec 2025 09:23
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13104

Actions (login required)

View Item View Item