Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh harga, iklan, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone pada Masyarakat Kelurahan Losung Kota Padangsidimpuan

Pulungan, Nurul Hasanah (2025) Pengaruh harga, iklan, dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone pada Masyarakat Kelurahan Losung Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040200127.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Smartphone adalah perangkat komunikasi modern yang menggabungkan fungsi telepon genggam dengan berbagai fitur canggih lainnya yang biasa di temukan pada komputer. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh harga, iklan dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian smartphone pada masyarakat Kelurahan Losung Kota Padangsidimpuan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner. Jumlah sampel sebesar 81 responden. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone pada masyarakat Kelurahan Losung Kota Padangsidimpuan. Pengaruh ini dapat dijelaskan oleh besarnya tingkat signifikan sebesar thitung < ttabel (0,000 < 0,1). Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan berpengaruh terhadap keputusan pembelian smarphone pada masyarakat Kelurahan Losung Kota Padangsidimpuan. Pengaruh ini dijelaskan oleh besarnya signifikan sebesar thitung < ttabel (0,004 < 0,1). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian smartphone pada masyarakat Kelurahan Losung Kota Padangsidimpuan. Pengaruh ini dapat dijelaskan oleh besarnya tingkat signifikan sebesar thitung < ttabel (0,008 < 0,1). Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga, iklan dan kualitas produk berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian smartphone pada masyarakat kelurahan losung kota padangsidimpuan. Pengaruh ini dapat dijelaskan oleh besarnya tingkat signifikan sebesar Fhitung > Ftabel (20,659 > 2,16). Program yang digunakan adalah SPSS Versi 23.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Muhammad Wandisyah R. Hutagalung, M.E dan Ella Zefriani Lisna Nasution, M.Si
Keywords: Harga; Iklan; Kualitas produk; Keputusan pembelian; Smartphone; Masyarakat; Kelurahan Losung; Kota Padangsidimpuan
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Dec 2025 08:30
Last Modified: 15 Dec 2025 08:30
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13098

Actions (login required)

View Item View Item