Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran inquiri terbimbing terhadap kemampun berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia Kelas XI MAS NU Padangsidimpuan

Siagian, Maisaro (2025) Pengaruh model pembelajaran inquiri terbimbing terhadap kemampun berpikir kreatif peserta didik pada materi sistem ekskresi manusia Kelas XI MAS NU Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020800020.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam proses pembelajaran karna guru masih menggunakan metode ceramah yang menempatkan guru sebagai pusat pembelajaran sedangkan siswa sebagai pendengar yang pasif. Sehingga siswa merasa bosan dalam proses belajar yang mengakibatkan kemampuan berpikir kreatif siwa rendah. Untuk itu perlu dilakukan perubahan dalamproses pembelajaran yaitu dengan menerapkan model pembelajaran inquiri terbimbing. Inquiri terbimbing merupakan model pembelajaran yang dapat melatih keterampilan siswa dalam melaksanakan proses investigasi untuk mengumpulkan data berupa fakta dan memproses fakta tersebut sehingga siswa mampu membangun kesimpulan secara mandiri guna menjawab pertanyaan atau permasalahan yang diajukan oleh guru. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran inquiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi sistem ekskresi manusia kelas XI MAS NU Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitaif dengan motode eksperimen dengan desain penelitian Nonequivalent pretest-posttest control group design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA MAS NU Padangsdimpuan dengan jimlah populasi 2 kelas. Sampel pada penelitian ini kelas XI MIA-2 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran inquiri terbimbing dan kelas XI MIA-1 sebagai kelas kontrol dengan metode konvensional. Intrument pengumpulan datanya adalah tes uraian sebanyak 8 soal.Tes tersebut diberikan 2 kali, sebelum diberi perlakuan (pretest) dan sesudah diberi perlakuan (posttest). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan dilanjutkan uji hipotesis dengan uji-t.Sedangkan pengolahan datanya menggunakan SPSS v. 24. berdasarkan hasil data pretest dan posttest, pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji-t sehingga diperoleh nilai uji-t sig. Yaitu 0,000 < 0,05 maka dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapay pengaruh model pembelajaran inquiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik pada materi sisrem ekskresi manusia kelas XI MAS NU Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Misahradarsi Dongoran, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran inquiri terbimbing; Kemampun berpikir; Kreatif; Peserta didik; Sistem ekskresi manusia; Kelas XI; MAS NU Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 15 Dec 2025 07:33
Last Modified: 15 Dec 2025 07:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13091

Actions (login required)

View Item View Item