Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis strategi pemasaran syariah dalam meningkatkan penjualan pada usaha Keripik Sambal Kangen Sibolga

Karisma, Dea (2025) Analisis strategi pemasaran syariah dalam meningkatkan penjualan pada usaha Keripik Sambal Kangen Sibolga. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040200100.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran syariah yang diterapkan pada usaha Keripik Sambal Kangen Sibolga dalam upaya meningkatkan penjualan, serta mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dalam meningkatkan penjualan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode study kasus, di mana data diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa usaha Keripik Sambal Kangen Sibolga telah menerapkan strategi pemasaran berdasarkan prinsip bauran pemasaran syariah (7P), seperti menjaga kualitas produk, menetapkan harga yang adil, pelayanan yang amanah, serta promosi yang jujur dan tidak berlebihan. Dalam pemasaran digital, usaha ini memanfaatkan media sosial seperti WhatsApp, Instagram, dan Facebook sebagai sarana promosi, namun belum maksimal. Strategi SEO, SEM, influencer marketing, dan affiliate marketing belum digunakan karena keterbatasan waktu, tenaga khusus serta keterbatasan pengetahuan teknologi. Penerapan prinsip-prinsip syariah dalam pemasaran berkontribusi terhadap peningkatan kepercayaan dan loyalitas pelanggan, yang berdampak positif pada penjualan. Namun, usaha ini juga menghadapi beberapa tantangan, seperti keterbatasan sumber daya manusia, kurangnya pemanfaatan media digital secara konsisten, serta kurangnya pemahaman teknologi pemasaran digital. Dengan demikian, strategi pemasaran yang sesuai syariah dan penguatan pemasaran digital secara terpadu menjadi faktor penting untuk meningkatkan daya saing dan volume penjualan usaha Keripik Sambal Kangen Sibolga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A dan Nando Farizal, S.E., M.E
Keywords: Strategi pemasaran; Syariah; Penjualan; Usaha Keripik Sambal Kangen Sibolga
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 12 Dec 2025 03:37
Last Modified: 15 Dec 2025 02:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13066

Actions (login required)

View Item View Item