Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kecerdasan emosional dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi Kelas XI SMA Negeri 1 Panai Hilir

Sartika, Sartika (2025) Pengaruh kecerdasan emosional dan keaktifan belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran biologi Kelas XI SMA Negeri 1 Panai Hilir. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020800013.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang masalah ini yaitu dapat dilihat dari Hasil observasi dengan siswa, Bahwa diperoleh informasi tentang mengetahui keaktifan siswa dalam belajar biologi. Kemudian hasil observasi dengan siswa kelas XI SMA Negeri 1 Panai Hilir. siswa masih mengalami kesulitan dalam belajar dan tidak punya rasa percaya diri pada kemampuan yang dimiliki siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan sampel kelas XI-A dan XI-B yang berjumlah 54 siswa. Instrumen penelitian berupa kuisoner. Hasil penelitian berupa 1). pengaruh kecerdasan emosional siswa terhadap hasil belajar biologi di SMA Negeri 1 Panai Hilir Tahun Pelajaran 2024/2025. Diperoleh data bahwa 26 siswa dengan kategori sangat tinggi (48%), 22 siswa dengan kategori tinggi (41%), 5 siswa dengan kategori Rendah (9%) 1 siswa dengan kategori Sangat rendah (2%%). Sehingga,dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kecerdasan emosional siswa berada pada kategori tinggi dengan persentase 43,61%. 2). pengaruh keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar biologi di SMA Negeri 1 Panai Hilir Tahun Pelajaran 2024/2025. Diperoleh data bahwa 27 siswa dengan kategori sangat tinggi (50%), 17 siswa dengan kategori tinggi (31%), 10 siswa dengan kategori rendah(10%). Sehingga, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa keaktifan belajar siswa berada pada kategori tinggi dengan persentase 82%. Setelah dilakukan analisis regresi linier berganda dengan uji statistik F terbukti bahwa hipotesis altternatif 3 (Ha3) diterima sehingga dapat diketahui bahwa kecerdasan emosional dan keaktifan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X di SMAN 1 Panai Hilir Tahun Pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Almira Amir, M.Si dan Fery Kurniawan, M.Si
Keywords: Kecerdasan emosional; Keaktifan belajar; Hasil belajar; Peserta didik; Biologi; Kelas XI; SMA Negeri 1 Panai Hilir
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 10 Dec 2025 09:07
Last Modified: 10 Dec 2025 09:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/13041

Actions (login required)

View Item View Item