Azmi, Nurul (2025) Pengaruh literasi teknologi terhadap prestasi belajar pendidikan agama islam Siswa SMP Negeri 10 Aek Torop Barat Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
1820100183.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Permasalahan yang ada di UPTD SMP Negeri 10 Aek Torop kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan yang menyebabkan dikarenakan kurangnya memanfaatkan fasilitas yang ada di sekolah dan siswa kurang mengetahui bagaimana mengoperasikan atau menggunakan teknologi, sehingga dalam proses pembelajaran anak didik kurang antusias mengikuti Pelajaran, hal yang seperti inilah yang harus ditingkatkan supaya tidak merasa bosan Ketika belajar. Tujuan pembahasan skripsi ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi teknologi Pendidikan agama islam Siswa SMP kelas VIII, apakah ada pengaruh literasi teknologi terhadap prestasi belajar Pendidikan agama islam siswa UPTD SMP Negeri 10 Aek Torop Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Adapun metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dan penelitian ini juga disebut ex post facto dengan nenggunakan pendekatan korelasional. Populasi penelitian ini berjumlah 69 orang siswa kemudian menjadi sampel berjumlah 60 orang siswa. Instrument yang digunakan adalah Observasi, Dokumentasi dan angket yang terdiri dari 10 pertanyaan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu adanya peningkatan dalam literasi teknologi pendidikan dan literasi prestasi belajar pendidikan Agama Islam, dimana nilai responden literasi teknologi X skor tertinggi 50, terendah 34 nilai rata-rata mean 39.8333 dan prestasi belajar Y skor tertinggi 100.000, terendah 67.00 nilai rata-rata mean 90.5333 berdasarkan uji t dengan menggunakan produk momen diperoleh r hitung > r table yaitu 0,962>0,258 dengan persamaan regresi Y = 3,970+ 0,045 artinya ada pengaruh literasi teknologi terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam menggunakan literasi teknologi pendidikan PAI.
| Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
|---|---|
| Supervisors: | Dra. Hj. Tatta Herawati Daulae, M.A. dan Liah Rosdiani Nasution, M.A |
| Keywords: | Literasi teknologi; Prestasi belajar; PAI; SMP Negeri 10; Kecamatan Torgamba; Kabupaten Labuhanbatu Selatan |
| Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 04:47 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 04:47 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12992 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
