Afni, Sri (2025) Pengaruh ekonomi digital terhadap pendapatan UMKM di Pasar Sangkumpal Bonang dengan literasi digital sebagai variabel moderasi. Other thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
|
Text
2140200068.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (8MB) |
Abstract
Ekonomi digital adalah sebuah sistem ekonomi yang menggunakan teknologi digital sebagai fondasi utama dalam proses produksi, distribusi, dan konsumsi barang atau jasa. Ekonomi digital mencakup berbagai sektor mulai dari layanan perbankan digital, e-commerce, hingga platfrom media sosial. Pendapatan adalah jumlah uang yang diterima dari kegiatan usaha, terutama penjualan barang atau jasa kepada konsumen yang dimiliki seseorang untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari yang memiliki arti penting bagi seseorang untuk melanjutkan kebutuhan hidupnya baik secara langsung ataupun tidak langsung, namun Pelaku UMKM di Pasar Sangkumpal Bonang mengalami penurunan pendapatan semenjak adanya ekonomi digital kususnya pada bidang fashion. Hal ini juga disebakan karena masih rendahnya keterampilan sumber daya manusia dalam penggunaan teknologi informasi karena melemahnya literasi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pengaruh Ekonomi Digital Terhadap Pendapatan UMKM di Pasar Sangkumpal Bonang dengan Literasi Digital Sebagai Variabel Moderasi. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari responden melalui kuesioner. Populasi penelitian ini adalah pelaku UMKM di bidang fashion di Pasar Sangkumpal Bonang sebanyak 529 pelaku UMKM. Sampel pada penelitian ini sebanyak 84 responden. Data penelitian ini dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan menggunakan aplikasi Smart PLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel Ekonomi Digital (X) terhadap pendapatan UMKM (Y) berpengaruh positif dan signifikan terlihat dari nilai T hitung yang lebih besar dari T statistik (2.807 > 1.960), dengan nilai p-value 0.005 < 0.050, dengan original sample 0,398. Ekonomi digital (X) terhadap pendapatan UMKM (Y) dengan literasi digital sebagai variabel moderasi berpengaruh positif dan signifikan terlihat dari nilai T hitung yang lebih besar dari T statistik (1,970 > 1.960) dengan nilai p-value 0.049 < 0.050, dengan original sample 0,117
| Item Type: | Thesis (Other) |
|---|---|
| Supervisors: | Ananda Anugrah Nasution, M.Si dan Annida Karima Sovia, M.M |
| Keywords: | Ekonomi digital; Pendapatan UMKM; Pasar Sangkumpal Bonang; Literasi digital; Variabel moderasi |
| Subjects: | 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0805 Distributed Computing > 080502 Mobile Technologies 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
| Depositing User: | Mrs. Zura idah |
| Date Deposited: | 17 Dec 2025 01:26 |
| Last Modified: | 17 Dec 2025 01:26 |
| URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12990 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
