Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara

Tambunan, Sakinah Anfadhila (2025) Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500179.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dengan rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa Kelas IV SD Negeri 200117 Padangsidimpuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa di SD Negeri 200117 Padangsidimpuan. (2) Apa saja faktor pendukung implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 200117 Padangsidimpuan. Kurikulum merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intrakulikuler yang beragam diamana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengambil objek SD Negeri 200117 Padangsidimpuan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini yaitu Kepala sekolah, Guru Kelas IV, dan Siswa-siswi Kelas IV. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran di kelas IV sudah menggunakan kurikulum merdeka, sudah dilaksanakan dengan baik dan didukung penuh oleh pihak sekolah. Peserta didik memiliki kemampuan berpikir kritis yang berbeda-beda. Dengan adanya pembelajaran berdiferensiasi didalam kurikulum merdeka, kemampuan berpikir kritis peserta didik dapat meningkat. Faktor pendukung implementasi kurikulum merdeka adalah adanya partisipasi aktif dari guru dalam pengembangan kurikulum, peningkatan kompetensi guru dan penyediaan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan potensi lokal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi., M.A. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I
Keywords: Implementasi; Kurikulum merdeka; Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa; Kelas IV SD Negeri 200117 Padangsidimpuan Utara
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani, S.IP
Date Deposited: 11 Dec 2025 08:57
Last Modified: 11 Dec 2025 08:57
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12984

Actions (login required)

View Item View Item