Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun ruang kubus dan balok di SD Negeri 019 Bonandolok

Pratiwi, Winda (2019) Penerapan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar materi bangun ruang kubus dan balok di SD Negeri 019 Bonandolok. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
15 202 00082.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Proses pembelajaran Matematika di SD Negeri 019 Bonandolok menunjukkan masih banyak siswa yang belum mampu menyelesaikan soal-soal, hampir semua pokok bahasan Matematika tidak terkecuali materi Kubus dan Balok sehingga mengakibatkan rendahnya hasil belajar Matematika siswa. Salah satu faktor yang menyebabkannya adalah proses pembelajaran yang monoton, yang dominan menggunakan metode ceramah dan tanya jawab. Salah satu model pembelajaran yang dinilai dapat meningkatkan hasil belajar materi Kubus dan Balok adalah model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) karena dalam model ini siswa diajarkan untuk saling bekerjasama dengan teman sekelompoknya dan setiap siswa dituntut untuk paham dengan materi yang sedang mereka diskusikan Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 019 Bonandolok pada pokok bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah hasil belajar Matematika siswa kelas V SD Negeri 019 Bonandolok meningkat dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada pokok bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 019 Bonandolok dengan subjek penelitian adalah siswa-siswa kelas V yang berjumlah 25 orang .Tekhnik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik dengan mencari nilai rata-rata siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima. Bahwa terjadi peningkatan hasil belajar Matematika siswa melalui model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) pada pokok bahasan Bangun Ruang Kubus dan Balok kelas V SD Negeri 019 Bonandolok. Hasil tes kemampuan awal (prasiklus) menunjukkan 24% atau 6 siswa yang tuntas dan yang tidak tuntas 76% atau 19 siswa. Pada Siklus I diperoleh nilai rata-rata persentase hasil belajar Matematika siswa, pada Pertemuaan ke-1 dan 2 persentase ketuntasan klasikal siswa secara berturut-turut sebesar 48% atau 12 siswa dan 64% atau 16 siswa. Sedangkan pada Siklus II yaitu 80% atau 20 siswa. Hasil penelitian tersebut telah mencapai harapan dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Numbered Head Together (NHT); Hasil Belajar; Bangun Ruang Kubus dan Balok
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 08 May 2020 08:02
Last Modified: 02 Jun 2020 08:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1297

Actions (login required)

View Item View Item